Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta akan Uji Coba Juli Khusus Karyawan

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 28/Jun/2023 09:21 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan (BPTJ Kemenhub) bakal melakukan uji coba rute bus Transjakarta rute Jakarta-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pada Juli 2023. 

Kepala Subdirektorat Pendanaan dan Pengawasan Angkutan BPTJ Ghoefron Koerniawan mengatakan uji coba rute transjakarta akan dilakukan pada Juli mendatang.

Baca Juga:
Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Bakal Berhenti di Dua Lokasi

Namun ia katakan pada uji coba ini tidak untuk penumpang umum melainkan untuk karyawan bandara soetta saja.

"Fokusnya masih untuk karyawan bandara saja," kata Ghoefron dalam media briefing di kantor Kemenhub, Selasa (27/6/2023).

Adapun rute yang akan diujicobakan yaitu Halte Transjakarta Kalideres menuju Bandara Soetta. Namun demikian pihaknya masih belum memastikan berapa kali melakukan rute perjalanan dalam uji coba tersebut.

Ia mengatakan uji coba ini kemungkinan akan dilakukan kurang lebih selama 3 bulan. Namun hal ini tergantung evaluasi dari setiap pelaksanaanya nanti.

"Biasanya melihat demand ini nggak bisa seminggu, dua minggu, tiga minggu. Kalau angkutan ya. Biasanya sampai 3 bulan nanti liat perkembangannya," tuturnya.

Sementara untuk tarif, hal ini juga belum dapat dipastikan apakah akan berbayar atau gratis. Menurutnya kebijakan tarif ini akan diputuskan bersama dengan pihak transjakarta.

"Kalau tadi konsekuensinya gratis, harus dikembalikan Transjakarta, karena ada operator lain kan ke sana jadi nggak bisa sembarangan angkut orang," jelasnya.

Melansir laman Infopublik.id, saat ini rencana layanan Transjakarta di Bandara Soetta itu tengah dibahas oleh instansi terkait. Layanan bus Transjakarta di Bandara Soetta menargetkan para pekerja di seluruh instansi yang ada di bandara.

Pembahasan telah dilakukan beberapa kali. Terkini, pada Jumat 9 Juni 2023 lalu, dilakukan pertemuan antara Direktur Utama PT Angkasa Pura/AP II Muhammad Awaluddin, dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza.

Awaluddin mengatakan, pembahasan bersama seluruh pihak berjalan dengan baik dan lancar.  

"Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soetta telah melalui pembahasan beberapa kali, antara AP II selaku pengelola bandara dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT Transportasi Jakarta," jelasnya, Sabtu (10/6).

Adapun layanan bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soetta nantinya menjadi satu kesatuan ke dalam jaringan operasional dan konektivitas Transjakarta.(fahmi)