Libur Panjang Idul Adha, Jumlah WNI yang Berangkat ke Luar Negeri Meningkat

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 29/Jun/2023 09:12 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang berangkat ke luar negeri melalui Bandara Soekarno-Hatta meningkat signifikan pada periode libur sekolah dan Idul Adha 2023.

Begitu pun dengan WNI yang tiba di Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, mengungkapkan, tren peningkatan arus keberangkatan ke luar negeri terjadi sejak 15-19 Juni.

"Tren peningkatan arus keberangkatan berkisar 2-11 persen setiap harinya, sedangkan untuk arus kedatangan WNI peningkatannya berkisar di angka 10 persen," kata Tito dalam keterangannya, Rabu (28/6/2023).

Tito menduga, WNI berangkat ke luar negeri untuk berlibur dalam rangka libur sekolah dan Hari Raya Idul Adha.

Seperti diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah ditambah menjadi dua hari pada 28 Juni dan 30 Juni.

Alhasil, terdapat lima hari libur berturut-turut, terhitung sejak Rabu (28/6/2023) hingga Ahad (2/7/2023).

"Progres perlintasan WNI lebih signifikan sesuai periode karena memang jadwalnya liburan sekolah dan didukung penambahan cuti bersama. Jadi, cukup banyak WNI memilih liburan ke luar negeri, namun tidak sedikit pula yang memanfaatkan momen Idul Adha ini untuk pulang ke kampung halaman," jelas Tito.

Sementara itu, jumlah warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia sedikit meningkat pada periode yang sama, sekitar 5-7 persen.

Sebaliknya, jumlah WNA yang berangkat dari Indonesia tak meningkat signifikan.(fhm)