Pasca Merger Pelindo, Bisnis PIL Terus Meningkat

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 27/Jul/2023 11:43 WIB
foto:istimewa/Pelindo/SPSL foto:istimewa/Pelindo/SPSL

MEDAN (BeritaTrans.com) – PT. Prima Indonesia Logistik (PIL) sebagai anak perusahaan terus melakukan upaya eksplorasi potensi bisnis perusahaan di tahun kedua pasca penggabungan (merger) Pelindo untuk mendorong integrasi ekosistem dan efisiensi rantai logistik.

Baca Juga:
Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Terapkan Pelabuhan Bersih dan Sehat

Dari Rencana Kerja Manajemen (RKM) Tahun 2023 telah mencapai progress yang positif diantaranya Pengembangan Layanan End to End Logistic dimana saat ini telah dilaksanakan layanan Door to Door pengiriman minyak goreng curah dan kemasan dari Kawasan Industri Sei Mangkei (INL) ke kota di pulau jawa, sulawesi dan kalimantan.

Sementara untuk kerjasama pengelolaan TPS dengan Mitra strategis telah dilaksanakan inisiasi dan sosialisasi layanan TPS kepada PT Pamin dan PT Domas Agrointi Prima serta Mitra potensial lainnya, dan terus melakukan pemasaran atas pelayanan TPS.

Baca Juga:
Pelindo Regional 4 Makassar Perkenalkan Kepelabuhanan kepada Pelajar SMP Laniang Makassar

“Pencapaian kinerja sampai dengan Triwulan II Semester I ini menunjukkan peningkatan dibandingkan pada Triwulan I kemarin. Kami akan bekerja secara optimal untuk menyelesaikan Rencana Kerja Manajemen Tahun 2023 ini. Dengan adanya progress yang positif ini, PT PIL akan terus melakukan upaya-upaya serta inovasi untuk mendukung kemajuan perusahaan.” Ujar Direktur PT PIL Indra Pamulihan.

Layanan Integrasi Hinterland ke Pelabuhan termasuk multimoda di Kawasan Sumatera Utara, PT Prima Indonesia Logistik dan PT Kereta Api Indonesia telah menyepakati update tarif layanan uji coba multimoda yang berlaku tanggal 13 Februari 2023 s.d. 02 Mei 2023 dengan pelayanan mitra baru yaitu pada PT Salam Pacific Indonesia Lines dan PT Samudera Agencies Indonesia yang telah terkoneksi dalam rute Belawan ke Kuala Tanjung.

Baca Juga:
PT MTI Sebut Layanan Operasional di Common Gate NPCT -1 Kembali Normal

Pada RKM Optimalisasi Model Bisnis Eksisting, PT PIL telah terdapat mitra baru untuk pelayanan Door to Door Service yaitu PT SACA Mandiri dan telah dilakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Ganindo Overseas untuk layanan Depo Dumai.

PT PIL juga telah mendapat mitra baru untuk pelayanan stuffing, trucking, dan Lift On Lift Off petikemas di Dumai dan Perawang yaitu PT Equal Trading Asia dan sudah dilakukannya kegiatan untuk layanan penumpukan cangkang dan stuffing petikemas yaitu PT Tanto Utama di Gudang / Lapangan di Perawang.

PT PIL juga menjalankan Transformasi Kearsipan, dimana telah dilaksanakannya Ratifikasi Perdir tentang Pedoman Pengelolaan Arsip Dinamis di Lingkungan PT Prima Indonesia Logistik dan telah melakukan implementasi aplikasi Pelindo E-Office (PEO) pada TMT 01 Maret 2023 serta menjadikan PEO sebagai prioritas utama dalam kegiatan surat menyurat oleh seluruh user PT PIL.

Sementara untuk Implementasi HSSE, PT PIL telah melaksanakan Safety Briefing, Safety Patrol, serta melaksanakan Management Walkthrough tanggal 10 April 2023 bersama Direksi PIL dan Komisaris PIL tanggal 25 Mei 2023. Serta melaksanakan apel Bulan K3 Nasional bersama Pemprov Sumatra Utara tanggal 20 Maret 2023 yang juga dilakukannya sosialisasi K3.(ahmad)