Dukung UMKM Naik Kelas, PT Menara Maritim Indonesia Gelar Program Gerobak UMKM Pelindo Tower

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 25/Agu/2023 17:22 WIB
Foto:istimewa/SPSL/Pelindo/MMI Foto:istimewa/SPSL/Pelindo/MMI

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dalam sebuah upaya untuk mendukung dan memperkuat sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Menara Maritim Indonesia (MMI) selaku anak Perusahaan dari Subholding PT Pelindo Solusi Logistik, menginisiasi penyerahan 10 gerobak kepada pedagang UMKM yang beroperasi di sekitar lingkungan Pelindo Tower. 

Baca Juga:
Dukung Ekonomi & Pariwisata, SPMT Layani Kapal Pesiar Sandar di 3 Pelabuhan

Inisiatif ini merupakan langkah nyata dalam membangun sinergi ekonomi lokal dan memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan sekaligus mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Kami sangat mengakui peran penting para pedagang UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Melalui inisiatif penyerahan gerobak ini, kami ingin memberikan dukungan nyata kepada mereka agar dapat terus berkembang dan berkontribusi lebih besar dalam memajukan komunitas sekitar. Kami berharap bahwa langkah ini juga dapat memperkuat hubungan positif antara Lingkungan Pelindo Tower dan para pelaku usaha lokal," ujar Plt. Direktur Utama PT Menara Maritim Indonesia Rudy Istiawan, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2023). 

Baca Juga:
Dukung Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Subholding Pelindo Layani Logistik Impor Gula

Rudy menjelaskan bahwa penyerahan gerobak-gerobak ini bertujuan untuk memberikan sarana yang lebih baik bagi para pedagang UMKM untuk menjalankan usaha mereka. Dan dengan adanya gerobak-gerobak ini, pedagang UMKM akan memiliki fasilitas yang lebih baik untuk memajukan bisnis mereka serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. 

Baca Juga:
Selama Mudik Lebaran, Pelindo Layani 2,2 Juta Penumpang

Program penyerahan gerobak ini diharapkan akan memberikan dampak positif tidak hanya dalam segi ekonomi, tetapi juga dalam mempererat ikatan sosial antara perusahaan dan masyarakat sekitar. 

UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Namun, tingginya jumlah UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari tantangan yang ada.

“PT Menara Maritim Indonesia sebagai bagian dari Pelindo Group memiliki komitmen untuk mendukung UMKM di Indonesia agar naik kelas di pasar internasional,” tutup Rudy.(ahmad)