Terminal Teluk Lamong Bareng Kemenhub Dorong Elaborasi Pencapaian Strategi Inovasi Pembangunan Sektor Transportasi

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 01/Sep/2023 11:23 WIB
foto:istimewa/TTL foto:istimewa/TTL

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Terminal Teluk Lamong (TTL) merima kedatangan aparatur perhubungan RI dalam agenda Visitasi Kepemimpinan Nasional  Kementerian Perhubungan Tahun 2023.

Baca Juga:
Terminal Teluk Lamong Resmi Operasikan Terminal Petikemas Nilam

50 orang yang dari Kementerian Perhubungan dan 10 orang lainnya dari berbagai instansi seperti KPK, Lembaga Kepolisian, Parekraf dan BPSDM. Visitasi ini membawa misi elaborasi pencapaian strategi inovasi pembangunan sektor transportasi.

Kegiatan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) merupakan tahapan yang sangat penting karena nantinya akan menghasilkan output berupa policy brief yang akan disampaikan kepada Kementerian Perhubungan, serta dasar untuk melanjutkan proyek perubahan yang telah dirancang

Baca Juga:
Dukung Ekonomi & Pariwisata, SPMT Layani Kapal Pesiar Sandar di 3 Pelabuhan

Turut hadir dalam agenda tersebut Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, dan Kepala Seksi Armada Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak. Direktur Operasi dan Teknik TTL, Kalbar Yanto memaparkan konsep green and smart port serta transformasi digital dan inovasi pelayanan yang tengah menjadi fokus utama TTL untuk memperkuat daya saing.

Kalbar menyampaikan bahwa TTL akan mendukung penuh elaborasi ini, pelabuhan sebagai titik simpul angkutan darat dan laut akan terus meningkatkan keterpaduan transportasi antarmoda dan antar stakeholder penyelenggara kegiatan “kami terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kinerja pelabuhan. Tentu masih perlu banyak perbaikan untuk peningkatan kualitas dan performa kedepannya.” ujarnya.

Baca Juga:
Dukung Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Subholding Pelindo Layani Logistik Impor Gula

Anto Julianto, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya juga menyampaikan adanya kesempatan ini diharapkan menjadi dorongan dalam menyelesaikan kekurangan-kekurangan yang masih ada, “Kami ingin banyak masukan untuk pengelolaan pelabuhan yang lebih baik khususnya di wilayah Tanjung Perak” jelasnya.

“TTL merupakan pelabuhan strategis dengan kemajuan yang sangat pesat, Dalam elaborasi ini akan muncul inovasi-inovasi baru sehingga dapat membuat perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik dan dinamis menyesuaikan dengan perkembangan trasnportasi dunia.” ucap Heru Susanto, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak.

Dalam elaborasi ini disamping hal-hal yang menyangkut substansi atau teknis transportasi yang dilakukan melalui pendekatan dari aspek manajerial dan kepemimpinan. Sebagai salah satu prasarana transportasi, pelabuhan memiliki peran strategis untuk mendukung sistem transportasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional. Dengan elaborasi ini diharapkan Terminal Teluk Lamong dapat berkembang menjadi pelabuhan yang membanggakan untuk Indonesia.

Menutup visitasi sore itu, aparatur perhubungan berkesempatan melihat langsung fasilitas terminal untuk kegiatan bongkar muat di dermaga dan mengunjungi Automated Stacking Crane (ASC) control room Terminal Teluk Lamong.(ahnad)