Viral Rombongan Siswa SD Blitar Salat Jemaah di Gerbong Kereta Api yang Sedang Melaju, Bagaimana Caranya?

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 01/Sep/2023 12:04 WIB
Viral Siswa SDIT Al-Hikmah di Blitar Salat Jemaah di Gerbong Kereta Api Tuai Perdebatan Warganet. (Instagram/blitarasyik) Viral Siswa SDIT Al-Hikmah di Blitar Salat Jemaah di Gerbong Kereta Api Tuai Perdebatan Warganet. (Instagram/blitarasyik)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Beredar video Siswa SDIT Al-Hikmah, Bence, Garum, Blitar, Jawa Timur sedang salat berjemaah di gerbong kereta yang sedang melaju.

Video berdurasi 19 detik itu diunggah akun @ninininanana. Video tersebut memperlihatkan siswa-siswa salat berderet di sepanjang lorong gerbong KA.

Sedangkan para siswi salat sambil duduk di tempatnya masing-masing dengan khusyuk. Postingan ini menjadi viral karena disukai sebanyak 90,3 K, dikomentari sebanyak 5.950 netizen, di-posting ulang sebanyak 4.925 hingga dibagikan kepada akun lain sebanyak 7.510.

"Melihat pemandangan ini saat jadi guru sedang capek-capeknya," tulis akun tersebut seperti dilihat, Rabu (30/8/2023).

Video itu mendapat komentar positif yang sebagian besar sangat kagum dan merinding dengan pemandangan yang mereka lihat. Seperti komentar akun Senja Puspita Kusuma yang menuliskan 

"Masya Allah...Ya Allah berikan putra-putri kami anak Sholeh sholekhah beruntung dunia akherat di semua langkah. Aamiin Ya Rabb"

Kemudian komentar akun @TantiYusnita yang menulis "Masya Allah kudu mewek seketika. Ya Allah jadikanlah anak2q anak2 yang Sholeh sholekhah...Aamiin".

Ada juga yang mengomentari soal edukasi salat bisa sambil duduk. Seperti yang dituliskan akun @fuad Mubarak. Namun komentar ini dibalas @akun Nana_queen yang menjelaskan jika yang turun itu anak-anak yang duduknya menghadap ke sisi lain. Yang lain duduk. Supaya salatnya tidak berhadapan.

Belakangan diketahui, para siswa dan siswi tersebut berasal dari SDIT Al-Hikmah Bence. Dikonfirmasi detikJatim, Kepala SDIT Al Hikmah Bence, Ustazah Ihda Nova Seprika, membenarkannya.

"Wa'alaykumussalam...Nggih betul itu siswa kami, dari SDIT Al Hikmah Bence," jawabnya melalui WhatsApp.

Dia lantas menceritakan momen tersebut. Semuanya berawal saat 111 siswa kelas VI SDIT Al Hikmah Bence sedang melakukan perjalanan keluar kota. Lantaran jumlah siswanya banyak, mereka bisa booking satu gerbong yang semua kursinya diisi satu sekolah tersebut. Sehingga ketika tiba waktu salat, mereka bisa melakukannya berjamaah di lorong gerbong dan di tempat duduk masing-masing tanpa mengganggu penumpang lain.

"Itu salat jamaah Asar saat dalam perjalanan kepulangan dari kegiatan Hikmah Eksplorer dari Tulungagung ke Garum, Blitar. Pelaksanaan hari Kamis tanggal 24 Agustus 2023," jelas Ustazah Ihda.
(fhm)