Ada LRT Jabodebek, Penumpang KRL Commuter Line Semakin Meningkat

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 04/Okt/2023 09:35 WIB
Foto/dok.KAI Commuter Foto/dok.KAI Commuter

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tren penumpang KRL Commuterline meningkat pada September 2023, sejak adanya moda transportasi lain LRT Jabodebek.

"Terdapat tren peningkatan volume pengguna Commuter Line Jabodetabek pada bulan September 2023. Peningkatan ini  tak lepas dari semakin mudahnya masyarakat menjangkau transportasi publik setelah peresmian LRT oleh Presiden Joko Widodo Agustus 2023 lalu," VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Rabu (4/10/2023).

Baca Juga:
Dukung Timnas Lawan Uzbekistan, KAI Commuter Gelar Nobar Bersama Penumpang KRL di Stasiun BNI City

Dijelaskan, sepanjang September 2023, rata-rata pengguna pada hari kerja sebanyak 905.845 orang per hari. Volume tertinggi tercatat pada Rabu, (27/9) yang mencapai sebanyak 952.595 orang. 

Jika dibanding dengan rata-rata volume pengguna di hari kerja bulan Agustus 2023 kemarin terjadi kenaikan sebesar 3,55% atau rata-rata volume pengguna di angka 874.754 orang per hari. 

Baca Juga:
Penumpang KRL Meningkat di Hari Kerja, KAI Commuter Ajak Jaga Keselamatan

"Tren kenaikan juga tercatat di stasiun-stasiun Commuter Line yang terintegrasi dengan stasiun LRT. Salah satunya, Stasiun Commuter Line Sudirman yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Dukuh Atas,

Kata Anne sepanjang September kemarin tercatat rata-rata pengguna yang naik di stasiun tersebut berjumlah 36.190 orang per harinya. Angka tersebut lebih besar 32,29% jika dibanding rata-rata volume pengguna yang naik pada bulan Agustus lalu yaitu sebanyak 27.356 orang per hari.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Selain itu, Stasiun Commuter Line Cawang yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Cikoko juga mengalami tren kenaikan. Pada bulan September 2023 rata-rata pengguna Commuter Line yang naik di stasiun tersebut sebanyak 17.200 orang per hari atau lebih tinggi 14,75% jika dibanding rata-rata bulan Agustus 2023 yaitu 14.989 orang per hari.

Mengantisipasi kenaikan tren volume pengguna di stasiun-stasiun integrasi, KAI Commuter melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan integrasi antar moda. Mulai dari integrasi fisik yakni adanya akses menuju trasportasi terusan lainnya maupun integrasi pembayaran untuk memudahkan pengguna dalam transaksi pembelian tiket salah satunya dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT).(fhm)