Layanan Isi Ulang Uang Elektronik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Ditutup

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 05/Nov/2023 12:18 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Hutama Karya (Persero) (HK) memulai uji coba penutupan layanan top-up kartu uang elektronik lewat pembayaran tunai di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru – Dumai (Permai) secara bertahap untuk mengurangi antrean dan kemacetan.

“Jika uji coba ini berhasil di tol Permai, akan kami terapkan juga di ruas tol lainnya," kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, dikutip dari Antara, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga:
Mulai Berbayar, Cek Tarif Tol Indralaya-Prabumulih di Sini!

Tjahjo menjelaskan bahwa sejak 20 Oktober 2023, layanan top-up tunai di Tol Permai pada Gerbang Tol (GT) Kandis Utara dan GT Kandis Selatan diubah menjadi layanan non top-up (direct tapping), sehingga layanan top-up tunai yang semula tersedia di tujuh GT, menjadi hanya lima GT dan akan terus dikurangi secara bertahap hingga akhir tahun ini.

Ke depannya, Hutama Karya akan menghilangkan pilihan layanan top-up tunai di seluruh jaringan gerbang tol yang dikelola untuk menghindari proses transaksi tunai yang memakan waktu dan menimbulkan antrian.

Baca Juga:
342.195 Kendaraan Lintasi di Jalan Tol Trans Sumatra saat Libur Panjang Imlek

Selain itu, transisi ini juga dilakukan sebagai dukungan penerapan sistem transaksi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan segera diujicobakan di beberapa tol di Indonesia.

“Diharapkan seluruh pengguna jalan tol terbiasa dengan aturan ini dan menjadikannya budaya baru, agar waktu transaksi di jalan tol lebih singkat dan tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya," ujar Tjahjo.

Baca Juga:
Jokowi Resmikan Dua Jalan Tol, Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh

Pengguna jalan tol dapat melakukan pengisian saldo uang elektronik dengan cepat melalui berbagai metode seperti melalui aplikasi HK Toll Apps, mobile banking, e-commerce, maupun pengisian di supermarket terdekat.(fhm)