Ditjen Hubdat Sosialisasi Peningkatan Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 17/Nov/2023 08:58 WIB
Sosialisasi Ditjen Hubdat terkait KIP Sosialisasi Ditjen Hubdat terkait KIP

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) –  Perkembangan teknologi digital membuat setiap badan publik seyogyanya dapat lebih cepat dan tanggap dalam melakukan pelayanan informasi publik. 

Salah satu langkah yang diambil Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang menjadi pelayan informasi dengan menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik dengan tema "Pengelolaan Informasi Publik dan Kehumasan di Era Transformasi Digital".

Baca Juga:
Sesditjen Hubdat Bersama Komisi V DPR Tinjau Terminal Tipe A Purboyo

Sosialisasi dilakukan 15 - 17 November 2023 di Yogyakarta.

“Dengan adanya transformasi digital ini, kita harus mempersiapkan untuk melakukan perubahan. Terutama dalam buat konten-konten media sosial menjelang periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024 yang makin dekat ini,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh dalam sambutannya.

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Sosialisasi Peraturan Uji Berkala

Hal ini sejalan dengan dengan Undang-Undang  No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mewajibkan setiap badan publik untuk menyampaikan informasi publik sebagai bentuk pemenuhan hak masyarakat dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 46 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kemenhub. 

Sesuai dengan tema sosialisasi yang memfokuskan pengelolaan informasi publik di era transformasi digital, saat ini diperlukan strategi komunikasi khusus dalam mengelola media sosial instansi. 

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Ungkap Strategi Atasi Kecelakaan Berulang dalam FGD

Hal ini bertujuan agar pesan yang disampaikan kepada khalayak dapat tersampaikan dengan baik dan Ditjen Hubdat bisa menunjukkan kinerjanya melalui konten media sosial.

“Saya berharap kita dapat terus membangun dan memelihara komunikasi bersama-sama, serta sinergitas dalam mengemban tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," bebernya.

Pada kesempatan yang sama, beberapa narasumber memaparkan materi yang akan meningkatkan kompetensi dari peserta sosialisasi. 

Narasumber pertama adalah Ayom Satrio, seorang content creator, yang menjelaskan materi tentang cara mudah mendapat ide dan membuat konten kekinian.

Pada sosialisasi tersebut, turut hadir sebagai narasumber Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat (KIP), Tya Tirtasari yang memaparkan materi tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Dalam paparannya, dijelaskan bahwa terdapat informasi publik yang wajib dibuka dan informasi yang tidak dapat diberikan oleh badan publik.

Dilanjutkan oleh narasumber dari Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP), Mia Ermaya yang memaparkan terkait peningkatan performa PPID melalui monitoring dan evaluasi.  

PPID Kemenhub, yang terdiri dari PPID Pusat, PPID Pelaksana, dan PPID Pelaksana UPT memiliki tanggung jawab memenuhi standar layanan informasi publik untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

“Hak memeroleh informasi merupakan bagian dari hak asasi manusia. Untuk memenuhi hak itu, setiap Badan Publik memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan keterbukaan layanan informasi kepada publik,” ujar Mia.

Pada sesi berikutnya Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Media Massa, Thontowi Djauhari Penguatan Jejaring dalam Membuat Strategi Komunikasi yang Efektif. 

Seiring dengan telah ditetapkannya Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Nomor KP-DRJD 7513 Tahun 2023 tentang Pedoman Pengelolaan Komunikasi Publik di Lingkungan Ditjen Perhubungan Darat yang di dalamnya mengatur pembentukan Hubdat Media Strategist (HMS) yang merupakan tim komunikasi publik Ditjen Hubdat.

"Strategi komunikasi publik seperti membanjiri lebih banyak konten berkualitas, informatif, dan menarik yang sesuai dengan kanal yang akan dimanfaatkan. Buatlah konten yang kreatif dan beragam serta dikomunikasikan secara bersama-sama oleh suatu kementerian,” ungkap dia.

Kemudian, demi memperkuat isi tulisan dan informasi yang disebarkan melalui media, sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber yang membahas terkait cara mudah mencari ide tulisan dan cara membuat tulisan di era tranformasi digital melalui Praktisi dan Akademisi Teknologi dan Data, Irendra Radjawali dan Koordinator Subbagian Hubungan Pers dan Media BKIP, Ridho Dwi Laksono.

Acara sosialisasi ini diikuti 85 peserta yang terdiri dari seluruh perwakilan tim humas tiap Bagian dan Direktorat Teknis, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II dan Kelas III, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, serta KSOPP Danau Toba. (omy)