The 59th FASA Executive Committee Meeting Tetapkan Ketum DPP INSA sebagai Ketua FASA Periode 2024-2026

  • Oleh : Naomy

Rabu, 22/Nov/2023 20:45 WIB
Ketua DPP INSA Carmelita Hartoto bersama pengurus dan anggota FASA Ketua DPP INSA Carmelita Hartoto bersama pengurus dan anggota FASA


JAKARTA (BeritaTrans.com) - DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) menghadiri dan terlibat aktif pada The 59th FASA (Federation of ASEAN Shipowners’ Association) Executive Committee Meeting di Brunei Darussalam 22-23 November 2023.

Delegasi DPP INSA diwakili Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto, Sekretaris Umum Budhi Halim, WKU VII Faty Khusumo, WKU V Buddy Rakhmadi, WKU IV Dedi Hudayana, dan Ketua Bidang Kapal Khusus Sofwan Farisyi, yang juga merupakan Team 5S DPP INSA.

Baca Juga:
INSA Jaya Bersama Bea Cukai Tanjung Priok Gelar Pelatihan Teknologi CEISA 4.0

Dalam pertemuan tersebut, berbagai topik krusial seputar industri pelayaran regional dibahas secara komperhensif seperti:
1. Maritime security di perairan Asia
2. Dekarbonisasi/ Zero Emmision 
3. Digitalisasi kegiatan maritim dan pelayaran di masing-masing negara ASEAN.  

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan, pertemuan The 59th FASA Executive Committee Meeting merupakan agenda penting bagi INSA untuk menjalin komunikasi, bertukar pandangan dan gagasan terkait pelayaran di kawasan ASEAN.

Baca Juga:
Dalam Rapat Umum Anggota, Ketua Umum DPP INSA Ajak Semua Pihak Bergandengan Tangan Menuju Indonesia Maju

"Dalam forum multilateral ini, DPP INSA turut aktif memberikan pandangan tentang pentingnya kerja sama regional dalam menghadapi tantangan dan peluang industri pelayaran di ASEAN yang cukup dinamis," ungkapnya.

“Kami meyakini, pertemuan ini menjadi pintu munculnya inovasi industri pelayaran, karena ini sebagai ajang komunikasi dan sharing best practice di antara anggota FASA terkait pelayaran di negara masing-masing." 

Baca Juga:
Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara, PT PPK Promosikan Investasi di Gelaran NSI Day 2023

Sekretaris Umum DPP INSA Budhi Halim mengatakan, pertemuan ini mencerminkan komitmen INSA untuk memberikan kontribusi positif bagi pelayaran di kawasan ASEAN.

DPP INSA sebagai anggota FASA, berperan proaktif dan turut serta dalam menggagas langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan industri pelayaran di tingkat regional ASEAN.

“Kita juga berharap, peran aktif DPP INSA pada pertemuan The 59th FASA Executive Committee Meeting semakin membuat Indonesia kian berperan dalam pelayaran regional ASEAN," ujarnya. 

Pada sesi akhir, pimpinan dan anggota rapat sepakat  menetapkan Ketua Umum DPP INSA menjabat sebagai Chairman FASA periode 2024 s/d 2026. 

Oleh karenanya, terhitung awal Januari 2024 Carmelita Hartoto akan mulai aktif  memimpin  organisasi FASA, yang nantinya rapat-rapat pada umumnya akan dilakukan di Indonesia. 

“INSA berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan para negara ASEAN khususnya anggota FASA, dan semoga kepercayaan ini dapat membawa dunia pelayaran Indonesia semakin diakui internasional,” ucap Carmelita. (omy)