5 Ruas Tol Trans Sumatera Bakal Dioperasikan Gratis Selama Nataru

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 12/Des/2023 14:25 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan lima  ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan dioperasikan secara gratis selama momentum Nataru 2023 mencapai 126,43 Km.

Dalam keterangan resminya, lima ruas jalan tol itu yakni Pertama, Jalan Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 Km telah beroperasi yang merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim.

Baca Juga:
Jalan Tol Lima Puluh-Kisaran Beroperasi Gratis

Jalan Tol Indralaya - Prabumulih akan mempersingkat waktu tempuh Palembang - Prabumulih menjadi hanya 1 jam saja. Selain itu juga mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang.  

Kedua yakni Jalan Tol Binjai - Langsa segmen Stabat - Kuala Bingai yang membentang sepanjang 8 km telah beroperasi. Kehadiran Jalan Tol ini juga akan mendukung konektivitas dari Binjai ke Medan sekitar 17 Km dan dari Medan ke Bandara Kualanamu sekitar 42 Km.

Baca Juga:
BPJT: Perbaikan Longsoran Tol Bocimi Butuh Waktu 2 Bulan

Ketiga adalah Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15 Km merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan  Tol Indrapura -  Kisaran yang saat ini sudah beroperasi.

Jalan Tol ini akan menghubungkan beberapa Jalan Tol lainnya seperti Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, dan Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat.

Baca Juga:
Sebanyak 16 Ruas Tol Trans Sumatera Ditargetkan Rampung Akhir 2024

Keempat adalah Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 26,23 Km yang telah beroperasi merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat). Jalan Tol ini akan tersambung langsung dengan Jalan Tol yang berada di Sumatera Utara, yakni Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran.

Terakhir yakni Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 - 6 (Blang Bintang - Baitussalam) sepanjang 12,7 Km akan menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu yaitu Seksi 2 - 4 (Seulimeum - Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km. (fhm)