Antisipasi Lonjakan Saat Nataru, Pemprov Babel Minta Tambahan Penerbangan

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 15/Des/2023 06:47 WIB
Bandara Depati Amir Pangkal Pinang Bandara Depati Amir Pangkal Pinang


BANGKA (BeritaTrans.com)- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya melakukan pendekatan pada maskapai pesawat terbang agar menambah jadwal penerbangan. 

Hal ini dilakukan jelang memasuki periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Baca Juga:
Bandara Depati Amir Pangkalpinang Sabet 2 Penghargaan ACI

Pj Gubernur Bangka Belitung (Babel) Safrizal menyebutkan, upaya yang dilakukan tidak hanya meminta adanya penambahan jadwal penerbangan Pangkalpinang-Jakarta dan Tanjungpandan-Jakarta saat Nataru.

Tetapi, juga meminta dibukanya kembali rute internasional menuju Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin.

Baca Juga:
Sepanjang Februari, Penumpang di Bandara Depati Amir Tembus 101 Ribu

“Kita ingin menegaskan Belitung siap menerima kembali turis mancanegara. Termasuk rute baru Denpasar-Tanjungpandan, sektor pariwisata Belitung juga sudah siap untuk melakukan soft blok, jadi jika rute itu dibuka ketika ada kekosongan kursi, mereka siap menutupnya,” jelasnya.

General Manager (GM)Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Adi Wiyatno menyampaikan, pihaknya siap berkolaborasi dengan Pemprov Babel untuk melakukan penambahan jumlah penerbangan.

Baca Juga:
Jelang Imlek, Bandara Depati Amir Mencatat Pergerakan 3.000 Penumpang Per Hari

Dilansir bangkapos.com, Adi memaparkan, jajarannya telah melakukan konferensi slot untuk musim summer di 2024 yakni pada 27 Maret sampai dengan 29 Oktober 2024, akan ada penambahan penerbangan.

“Kita usahakan (penambahan) ada di luar rute yang ada, sementara ini yang fix masih Jakarta, Garuda akan aktif kembali Nam Airjuga, dan Citilink. Kemudian Pelita Air Service akan masuk juga di kita, Pelita dan Citilink itu rencananya dia akan melihat lebih jauh lagi atau mendalami rute Pangkalpinang-Batam. 

Khusus Batik Air sudah keluar sekejulnya nanti di musim winter ini 18 (Desember 2023, red) ini akan aktif lagi,” kata Adi.

Menurutnya, dengan adanya penambahan penerbangan tersebut diharapkan bisa mengurangi atau menekan tingginya angka inflasi di Babel. 

“Pastinya (untuk, red) mengurangi inflasi, selama ini kan inflasi di Bangka ini harga tiket gitu, mungkin itu juga dari sedikitnya penerbangan ada. Mudah-mudahan adanya penambahan penerbanganini bisa menurunkan atau menstabilkan inflasi,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan,  Adi mengatakan beberapa maskapai penerbangan di Bandara Depati Amir akan melakukan penambahan jumlah penerbangan guna mengantisipasi lonjakan calon penumpang yang akan merayakan Nataru di Pulau Bangka.

“Saat ini, kita masih menunggu konfirmasi lanjutan dari maskapai penerbangan ini,” kata Adi di Pangkalpinang, Ahad (26/11/2023).