Pastikan Layanan Sehat dan Aman Saat Nataru, KAI Daop Purwokerto Giat Pemeriksaan Kesehatan hingga Bebas Narkoba Kepada Petugas

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 20/Des/2023 15:22 WIB
KAI Daop 5 Purwokerto bersama BNN Banyumas melakukan pemeriksaan tes bebas narkoba kepada petugas yang berdinas pada Rabu (20/12/2023). KAI Daop 5 Purwokerto bersama BNN Banyumas melakukan pemeriksaan tes bebas narkoba kepada petugas yang berdinas pada Rabu (20/12/2023).

PURWOKERTO (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 5 Purwokerto melakukan medical check up (MCU) hingga melakukan pemeriksaan bebas pemakaian narkoba kepada pegawai yang berdinas terutama masinis pada Rabu (20/12/2023).

"Sebagai wujud komitmen untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 dengan selamat, aman dan nyaman, KAI Daop 5 Purwokerto memastikan seluruh petugas terutama para masinis sehat dan bebas dari narkoba," ujar Vice President Daop 5 Purwokerto Dominicus Agung Wawan Purnawan Rabu (20/12/2023).

Baca Juga:
KAI Daop 5 Purwokerto Berikan Tarif Khusus Kereta Api, Ini Rutenya!

Hal itu dijelaskan Dominicus guna untuk memastikan seluruh pegawai yang berdinas dalam kondisi prima, baik secara fisik maupun mental. Untuk itu, salah satu langkah nyata yang dilakukan selain rutin melakukan medical check up (MCU) setiap tahunnya.

"Tes narkoba menjadi hal yang wajib dilakukan oleh Daop 5 Purwokerto, baik dilakukan secara rutin maupun berupa tes acak," kata Dominicus.

Baca Juga:
Mulai 1 Mei 2024, Boarding Penumpang Stasiun Purwokerto hanya di Skybridge Gedung Baru dan Pintu Barat

Test bebas narkoba bekerjasama dengan BNN Kabupaten Banyumas untuk memastikan seluruh awak sarana perkeretaapian terbebas dan terhindar dari narkoba.

Selain melakukan tes bebas narkoba, KAI Daop 5 Purwokerto juga rutin melakukan sosialisasi dan penyuluhan terkait NAPZA (Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) kepada seluruh jajaran petugas.

Baca Juga:
Selama Angkutan Lebaran 2024, KAI Daop 5 Purwokerto Berangkatkan 393.829 Penumpang KA

"KAI Daop 5 pun berharap kolaborasi bersama BNN Kabupaten Banyumas ini akan terus berlanjut untuk mewujudkan seluruh insan KAI Daop 5 Purwokerto dipastikan bebas dari narkoba dan menjadi SDM yang berkualitas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya,” pungkas Agung. 

Sementara itu dilaksanakan pula deklarasi “BERSINAR” Bersih Narkoba yang disaksikan oleh Ketua BNN Kabupaten Banyumas, A Widdy Harsono dengan berkomitmen melaksanakan pencegahan dan pemberantasan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba kepada para pekerja PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Mengusung tema Angkutan Nataru “Transportasi Aman, Liburan Nyaman”, KAI Daop 5 Purwokerto siap menyambut dan melayani para pelanggan KA untuk menikmati perjalanan liburan akhir tahun yang selamat, aman, dan nyaman.(fhm)