KSOP Banten Gelar Bimtek Penyusunan Anggaran UPT Ditjen Hubla Wilayah Banten

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 12/Janu/2024 21:25 WIB
Jajaran KSOP Banten Jajaran KSOP Banten

 

BANTEN (BeritaTrans.com) - UPT Ditjen Hubla pada wilayah Provinsi Banten menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) dalam Rangka Persiapan Penyusunan Pagu Kebutuhan Tahun Anggaran 2025 pada 11 s.d 12 Januari 2024 di Serpong.

Baca Juga:
KSOP Banten Pastikan Kesiapan Kapal Terpenuhi Selama Angkutan Laut Nataru

Kepala Kantor KSOP Kelas I Banten, Capt. Hermanta mengungkapkan, Penyusunan Pagu Kebutuhan Tahun Anggaran 2025 menjadi prioritas yang harus dilaksanakan dan disempurnakan seperti pembangunan dan pemeliharaan faspel, gedung kantor, dan BBM kapal negara. 

Terlebih lagi penyusunan pagu Tahun Anggaran 2025 berjalan seiring dengan penyusunan dokumen rencana strategis tahun 2025-2029 di mana berarti identifikasi awal kebutuhan harus segera terpetakan.

Baca Juga:
KSOP Banten Gelar Sosialisasi Peraturan Bidang Kepelabuhanan

"Diharapkan bimtek kali ini para peserta dapat merancang dan mengusulkan anggaran dalam rangkaian persiapan penyusunan Pagu Kebutuhan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun Anggaran 2025," ungkapnya.
 
Semoga melalui kegiatan ini makin meningkatkan sinergi dan kolaborasi di antara pegawai KSOP Kelas I Banten dan UPT Ditjen Hubla di wilayah provinsi Banten. 

Capt. Hermanta menjelaskan, pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) Ditjen Perhubungan Laut ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam merancang dan mengusulkan anggaran dalam rangkaian persiapan penyusunan Pagu Kebutuhan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun Anggaran 2025.

Baca Juga:
Menutup Rangkaian Harhubnas 2003, KSOP Banten Gelar Jalan Santai Bersama Stakeholder

KSOP Kelas I Banten selaku koordinator wilayah pada provinsi Banten mempunyai amanah dan tanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan penjelasan terkait penyusunan pagu kebutuhan Tahun Anggaran 2025 melalui kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan RKA K/L dalam Rangka Persiapan Penyusunan Pagu Kebutuhan UPT Ditjen Hubla pada wilayah Provinsi Banten Tahun Anggaran 2025.

Kegiatan Bimtek ini mengundang para narasumber yang berkompeten dan ahli pada bidangnya masing-masing yaitu Kepala Bagian Perencanaan Setditjen Hubla, Kepala Sub Direktorat Perancangan dan Program Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Direktorat Kepelabuhanan, Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasarana Direktorat KPLP.

"Dengan demikian, dalam Penyusunan Rencana Kerja Dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2025 nantinya dapat terlaksana sesuai kaidah perencanaan penganggaran yang berkualitas," tutup Capt. Hermanta.

Kegiatan ini juga dilaksanakan sharing session yang dipandu oleh Kepala Bagian Tata Usaha Rita Simanjuntak dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Keuangan, Sriyadi. 

Adapun tujuan dari sharing session ini adalah memberikan pengarahan secara detail pembuatan TOR dan RAB dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 35 peserta yang terdiri dari Pejabat Struktural KSOP Kelas I Banten yaitu Kepala Bagian Tata Usaha Rita Simanjuntak, Kepala Bidang Lala & Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kant Dicky Eka Kunarko Putra, Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli Capt. Agus Arifianto

Hadir juga Kepala Sub Bagian Umum dan Humas Donny Rinaldi, Kepala Kantor UPP Karangantu, Kepala Kantor UPP Labuan serta pegawai Bagian Tata Usaha dan Bidang-bidang di lingkungan Kantor KSOP Kelas I Banten. (omy)