Operasional Bandara Minangkabau Dibuka Kembali

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 20/Janu/2024 11:03 WIB
Suasana di Bandara Minangkabau Suasana di Bandara Minangkabau


PADANG (BeritaTrans.com) — Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Sumatera Barat kembali dibuka, Sabtu (20/1/2024) setelah hasil paper tes di lapangan pada pukul 06.00 WIB  menunjukkan negatif pascaterdampak erupsi Gunung Marapi, kemarin (19/1/2024). 

Melalui Notice to Airmen (NOTAM) nomor B0117/24 NOTAMC B0115/24 yang dikeluarkan oleh AirNav Indonesia maka BIM dinyatakan dapat kembali beroperasi mulai pukul 06.20 WIB.

Baca Juga:
Jembatan Penghubung ke Bandara Minangkabau Ditutup Sementara, Kemenhub Pastikan Penerbangan Normal

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Padang, Capt. Megi H. Helmiadi menyatakan “Kemarin BIM sempat ditutup karena terdampak sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi, tetapi pagi ini setelah dilakukan paper tes menunjukkan hasil negatif sehingga bandara sudah bisa dibuka kembali.”

Capt. Megi menyebut, Otoritas Bandara Wilayah VI Padang akan terus melakukan monitoring dan pengawasan perkembangan situasi Gunung Marapi berupa pengamatan lapangan yang dilakukan dengan interval 1 sampai 2 jam sekali pada beberapa titik di sekitar bandara.

Baca Juga:
Bandara Minangkabau Ditutup Kembali, Dampak Gunung Marapi Erupsi Lagi

Dikarenakan, kondisi Gunung Marapi bersifat dinamis, maka pihaknya akan terus mengupdate informasi operasional Bandara Minangkabau sehingga masyarakat khususnya calon penumpang mendapatkan informasi lebih awal. 

“Monitoring dan pengawasan kami lakukan secara berkala, tentunya dengan berkoordinasi intensif dengan seluruh stakeholder penerbangan terkait untuk memastikan operasional penerbangan di Bandara Minangkabau bisa beroperasi dengan memenuhi aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan,” ujarnya. (omy) 

Baca Juga:
Dirjen Hubud Harap Bandara Minangkabau Pertahankan OTP 100 Persen pada Penerbangan Haji