Pelindo Siap Optimalkan Layanan di Libur Panjang Akhir Pekan

  • Oleh : Naomy

Kamis, 08/Feb/2024 05:51 WIB
Layanan pelabuhan Pelindo Layanan pelabuhan Pelindo

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pelindo menjamin layanan pelabuhan kepada seluruh pengguna jasa berjalan optimal selama libur panjang yang bertepatan dengan periode libur Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek yakni pada 8 hingga 11 Februari 2024.

"Kami pastikan kegiatan layanan di seluruh wilayah operasional Pelindo berjalan optimal pada masa libur long weekend. Koordinasi dengan berbagai pihak termasuk para stakeholder kepelabuhanan terus dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jasa," ujar Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga:
Dukung Ekonomi & Pariwisata, SPMT Layani Kapal Pesiar Sandar di 3 Pelabuhan

Momentum libur long weekend ini berpotensi mendorong peningkatan pergerakan masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan lewat jalur laut, terlebih di daerah tujuan wisata yang ada di pulau Sumatera, Jawa, maupun Bali-Nusa Tenggara.

Berdasarkan data historis, termasuk terminal penumpang tersibuk pada masa liburan yaitu Terminal Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, dan Tanjung Perak.

Baca Juga:
Dukung Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Subholding Pelindo Layani Logistik Impor Gula

Pelindo memastikan seluruh terminal penumpang tersebut siap melayani para penumpang.

“Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, mushola, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, dan personil keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat dan lancar,” ujar Darwis, GM Tanjung Pinang.

Baca Juga:
Selama Mudik Lebaran, Pelindo Layani 2,2 Juta Penumpang

Standar layanan yang sama telah diterapkan Perseroan selama libur Nataru 2023/2024 yang lalu, dengan total pergerakan sebanyak 1,6 juta orang di 63 terminal penumpang Pelindo yang tersebar dari Barat hingga Timur Indonesia.

Pada tahun 2023, Pelindo telah melakukan renovasi berat pada beberapa terminal penumpang seperti Pelabuhan Palembang, Biak, Bitung, Makassar dan beberapa pelabuhan lain.

Selanjutnya, pada tahun 2024 Pelindo juga akan melakukan penambahan X Ray di lebih dari 10 Pelabuhan seperti Tanjung Balai Asahan, Benoa, Bitung, dan Jayapura, untuk dapat meningkatkan pelayanan terkait dengan keamanan, serta melanjutkan renovasi terminal penumpang di Pelabuhan Ambon, Manokwari, Gunung Sitoli dan Lembar.

"Pelindo berkomitmen memberikan layanan 24/7 bagi pengguna jasa. Semoga momen libur long weekend ini dapat dinikmati dengan nyaman bersama keluarga," pungkas Ali. (omy)