Angkutan Motor Gratis (MOTIS) Kembali Digelar, DJKA Perpanjang Lintas Pelayanan Hingga Madiun

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 01/Mar/2024 20:45 WIB
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Arif Anwar di konferensi pers tentang Motis Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Arif Anwar di konferensi pers tentang Motis

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memastikan bahwa layanan Angkutan Motor Gratis (MOTIS) tahun ini akan menjangkau wilayah Jawa Timur.

Baca Juga:
Program Motis 2024 Resmi Ditutup, DJKA Berhasil Angkut 12.733 Motor Pemudik

Hal ini sebagaimana disampaikan pada kegiatan Press Conference Penyelenggaraan MOTIS 2024 yang dilaksanakan pada Jumat (01/03) di Jakarta. 

Baca Juga:
KAI Layani 218 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Mudik, KA Ini Paling Diminati!

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Arif Anwar menuturkan bahwa tahun ini angkutan MOTIS akan diselenggarakan dengan tiga lintas pelayanan. “Pada penyelenggaraan MOTIS tahun-tahun sebelumnya, kami banyak menerima masukan untuk memperpanjang layanan MOTIS ini, semoga dengan kami perpanjang hingga Madiun Jawa Timur dapat menarik minat masyarakat,” tutur Arif, Jumat (1/3/2024). 

Adapun ketiga lintas pelayanan pada angkutan MOTIS 2024 antara lain sebagai berikut.

Baca Juga:
KAI Daop 5 Purwokerto Imbau Masyarakat Manfaatkan Program KA Motis Guna Tekan Angka Kecelakaan

● Lintas Utara (PP)

Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang

Tawang

● Lintas Tengah (PP)

Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo

● Lintas Selatan (PP)

Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun 

Guna menarik minat masyarakat untuk mengikuti program MOTIS 2024, Arif menyebut bahwa nantinya masyarakat juga akan difasilitasi untuk membeli tiket kereta dengan harga terjangkau. 

Dalam hal ini, peserta MOTIS 2024 akan memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan harga mulai dari Rp 10.000,- dan maksimal Rp 20.000,- per penumpang untuk setiap lintas pelayanan. 

Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program MOTIS 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

Agar dapat mengikuti program MOTIS 2024, masyarakat diharapkan dapat memperhatikan persyaratan sebagai berikut. 

● KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK;

● Besaran Motor <200 CC;

● Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk; 

● Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan bahwa MOTIS 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan MOTIS 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024. 

“Masing-masing lintas akan tersedia arus contraflow sehingga masyarakat yang akan bepergian dengan arus yang berlawanan saat Arus Mudik/Balik, tetap bisa memanfaatkan layanan MOTIS,” sambung Arif. 

Arif berharap penyelenggaraan angkutan MOTIS kali ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat daripada tahun-tahun sebelumnya. “Ayo manfaatkan MOTIS 2024 dan jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya,” tutup Arif.(ahmad)