Tingkatkan Konektivitas di Sulteng, Bandara Banggai Laut Segera Diresmikan Presiden

  • Oleh : Naomy

Senin, 25/Mar/2024 10:00 WIB
Eajah Bandara Banggai Laut Eajah Bandara Banggai Laut

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Banggai Laut, Bandara Banggai Laut akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. 

Hal ini tentunya menjadi salah satu langkah penting dalam pembangunan infrastruktur dan konektivitas transportasi udara di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng). 

Pembangunan Bandara Banggai Laut telah dimulai sejak tahun 2019, dan akan mulai beroperasi pada triwulan ketiga tahun 2024.

Bandara ini akan menjadi pusat konektivitas vital bagi pengembangan ekonomi, pariwisata, dan pertumbuhan wilayah.

"Saat ini masih dalam tahap awal, dengan panjang runway 1200 x 30 meter yang hanya dapat didarati oleh pesawat Grand Caravan atau ATR72 Terbatas, rencananya nanti akan dapat didarati oleh pesawat berjenis ATR72, sehingga mampu meningkatkan mobilitas dan konektivitas udara di wilayah ini," ungkap Kepala Bandara Syukuran Aminuddin Luwuk yang juga Satuan Pelayanan (Satpel) Bandara Banggai Laut, Nurul Anwar, Senin (25/3/2024).

Terminal bandara seluas 1.400 meter persegi diproyeksikan untuk mampu menampung hingga 39.000 penumpang per tahun, untuk memberikan layanan yang nyaman dan efisien bagi para pengguna jasa transportasi udara khususnya bagi warga Banggai Laut dan sekitarnya.

"Kehadiran Bandara Banggai Laut merupakan bukti komitmen pemerintah meningkatkan infrastruktur dan konektivitas di seluruh Indonesia, serta memberikan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sulteng," urainya. 

Sejumlah infrastruktur bandara di Pulau Sulawesi seperti Bandara Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno, Bandara Bolaang Mongondow dan Bandara Pohuwato, rencananya akan diresmikan secara serentak oleh Presiden Joko Widodo yang terpusat di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu. (omy)