Dibuka Hingga 2 Juni, Daftar Sekarang! SCG Kembali Buka Beasiswa SMA dan Mahasiswa S1, dan Pertama Kalinya Mengadakan Kompetisi Regional

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 02/Mei/2024 13:13 WIB
foto:istimewa/SCG foto:istimewa/SCG


 

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  SCG Perusahaan terkemuka di ASEAN dengan tiga unit bisnis; Semen dan Bahan Bangunan, Bahan Kimia, dan Kertas Kemasan, hari ini mengumumkan pembukaan pendaftaran program Beasiswa SCG Sharing the Dream untuk tahun 2024, sekaligus merayakan Hari Pendidikan Nasional.

Baca Juga:
FIFGROUP Bagikan Beasiswa kepada 428 Anak Karyawan Terpilih

Beasiswa ini akan diberikan kepada 400 pelajar SMA/sederajat dan 10 mahasiswa S1 (termasuk 20 pelajar SMA/sederajat dan 2 mahasiswa S1 yang merupakan anak dari pekerja bangunan), dan terbuka untuk penyandang disabilitas. Sejak 2012, beasiswa ini telah disalurkan ke lebih dari 4.050 pelajar Indonesia sebagai perwujudan komitmen SCG dalam misi pembangunan Indonesia melalui pemerataan akses pendidikan, serta implementasi dari prinsip ESG 4 Plus yang menjadi kerangka kerja Perusahaan, dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2024).

Tahun ini, SCG Sharing the Dream mengusung tema “Green Generation” (Generasi Hijau), yaitu generasi dengan kesadaran lingkungan, aktif terlibat dalam praktik berkelanjutan, dan berkomitmen untuk menjaga bumi bagi generasi mendatang. Pendaftar, sebagai para calon Generasi Hijau, harus membuat essay Community Project (Proyek Komunitas) mengenai kontribusi untuk lingkungan dan masyarakat yang menuangkan pemikiran dan gagasan mereka untuk merespons isu-isu lingkungan dan sosial, seperti perubahan iklim, pengelolaan limbah, dan pengelolaan sumber daya alam. Essay ini akan menjadi salah satu indikator penting kelayakan penerima beasiswa.

Baca Juga:
SCG Berikan 427 Beasiswa melalui Program Sharing the Dream, Upayakan Pendidikan Inklusif untuk Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045

Country Director SCG di Indonesia, Warit Jintanawan

Baca Juga:
Dorong Pengembangan Kualitas, Beasiswa FIFGROUP Hadir Bagi Mahasiswa se-Indonesia

Syarat dan Ketentuan Beasiswa

Pendaftaran beasiswa dibuka hingga 2 Juni 2024, dengan persyaratan sebagai berikut:


Untuk Siswa SMA/sederajat

  1. Siswa kelas X, XI, dan XII SMA atau sederajat tahun ajaran 2024/2025, berdomisili di Bogor, Sukabumi, Jakarta, Tangerang Selatan, Karawang, Bekasi, dan Gresik (khusus anak dari pekerja bangunan, pendaftar harus berdomisili di Sukabumi dan Cianjur)
  2. Memiliki rata-rata nilai rapor minimum 75 dari 2 semester terakhir
  3. Melengkapi formulir pendaftaran dan mengirimkan dokumen dan esai yang diperlukan. Para penerima beasiswa dengan esai terbaik akan mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan proyek mereka
  4. Bersedia untuk mengikuti semua kegiatan bagi para penerima beasiswa Sharing the Dream
  5. Tidak pernah terlibat tindak kriminal (penyalahgunaan narkotika dan miras, pemalsuan, pelecehan seksual dan tindakan asusila lainnya, tawuran, serta tindak kekerasan)
  6. Pelajar SMA akan menerima satu (1) kali pendanaan sebesar Rp2.000.000

 

Untuk Mahasiswa S1

  1. Pernah menjadi penerima beasiswa Sharing the Dream saat SMA (syarat ini tidak berlaku untuk anak dari pekerja bangunan, wajib berasal dari Sukabumi dan Cianjur)
  2. Saat ini merupakan siswa kelas 12 SMA dan sederajat; atau mahasiswa aktif jenjang D4 dan S1; atau lulusan SMA/MA/SMK yang akan melanjutkan kuliah
  3. Nilai rata-rata rapor selama SMA adalah 75 (bagi siswa kelas 12 dan lulusan SMA); atau IPK minimal 00 (bagi mahasiswa aktif)
  4. Memiliki prestasi akademis dan nonakademis yang baik, serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler
  5. Bersedia untuk mengikuti semua kegiatan bagi para penerima beasiswa Sharing the Dream
  6. Tidak pernah terlibat tindak kriminal (penyalahgunaan narkotika dan miras, pemalsuan, pelecehan seksual dan tindakan asusila lainnya, tawuran, serta tindak kekerasan)
  7. Melengkapi formulir pendaftaran dan mengirimkan dokumen yang diperlukan, termasuk proposal community project. Proposal community project terbaik akan mendapatkan pendanaan sebesar Rp15.000.000 dan bimbingan dalam implementasinya
  8. Mahasiswa S1 akan menerima dana sebesar Rp000.000/tahun. Khusus kategori S1, mahasiswa terpilih akan menerima beasiswa hingga penerima lulus perkuliahan atau maksimum 4 tahun.

 

Country Director SCG di Indonesia, Warit Jintanawan, menjelaskan, “Kemendikbudristek telah merencanakan integrasi konten perubahan iklim ke dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Untuk itu, SCG berkomitmen mendukung upaya pemerintah melakukan advokasi perubahan iklim, dengan melibatkan generasi muda sebagai katalis perubahan. Ini menjadi nilai lebih dari beasiswa SCG Sharing the Dream, karena selain memberikan dana pendidikan dan perlengkapan sekolah, SCG juga mendorong para generasi muda untuk melakukan pengembangan diri melalui pelatihan dan pelaksanaan proyek sosial dengan pendekatan ESG (Environmental, Social, dan Governance).”

Selain beasiswa SCG Sharing the Dream, untuk pertama kalinya tahun ini, SCG juga menyelenggarakan kompetisi berskala regional “ESG Ambassador Competition” bagi alumni program Sharing the Dream di Indonesia, Thailand, dan Vietnam yang masih menjadi mahasiswa aktif/terdaftar di universitas. SCG berupaya menjaring bakat-bakat potensial yang akan menjadi ESG Ambassador dengan mendorong peserta memberikan gagasan/ide untuk menjawab permasalahan sosial atau lingkungan yang ada di sekitar mereka. Proyek terpilih dari masing-masing negara (Indonesia, Vietnam, dan Thailand) akan dipresentasikan di ajang ESG SYMPOSIUM 2024 di Bangkok, Thailand, dan pemenang akan menerima hadiah sebesar $1.000 untuk mengimplementasikan proyek mereka.

Persyaratan Lengkap dan Pendaftaran:

ESG Ambassador Competition: https://msha.ke/esgambassadorcompetition24. (ahmad)

Tags :