Tes Covid-19 Sistem GeNose Mulai 5 Februari Akan Tersedia di Stasiun KA Cirebon

  • Oleh : Taryani

Kamis, 28/Janu/2021 20:45 WIB
Ilustrasi Stasiun Kereta Api Cirebon. (Ist.) Ilustrasi Stasiun Kereta Api Cirebon. (Ist.)

CIREBON (BeritaTrans.com) – Tes Covid 19 melalui hembusan napas atau yang bernama GeNose akan segera hadir di Stasiun KA Cirebon. Uniknya hasil tes itu dapat diketahui hanya  dalam waktu 80 detik.

Teknis tes Covid-19 menggunakan GeNose ini tidak ribet. Calon penumpang cukup menghembuskan napas melalui mulut ke dalam wadah kantong plastik seukuran kantong infus. Kemudian diperiksa menggunakan alat yang dikoneksikan dengan kantong tersebut. Dalam waktu 80 detik hasilnya sudah bisa diketahui.

GeNose dikembangkan peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Telah mengantongi izin edar Kementerian Kesehatan RI dan telah masuk sebagai salah satu syarat perjalanan naik kereta api (KA).

Sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan RI No 11 tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi pernah mengatakan, pelaku perjalanan hanya perlu merogoh kocek Rp20 ribu untuk satu kali tes GeNose.

SE Kemenhub 11/2021 itu tak hanya mensyaratkan GeNose sebagai pelengkap administrasi perjalanan. Rapid test antigen dan RT PCR juga diperbolehkan. (Taryani/Dari berbagai sumber)