Dirjen Hubla Dorong e-Tiketing Diterapkan di Semua Layanan Kapal

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 26/Apr/2024 12:15 WIB
Dirjen Antoni saat berbincang dengan stakholder Dirjen Antoni saat berbincang dengan stakholder


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Antoni Arif Priadi mendorong tiket online sudah diterapkan di semua layanan kapal pada angkutan laut Lebaran mendatang. 

Setelah ada lalu agar menyiapkan e-tiket yang dapat disambungkan dengan sistem yang ada di Perhubungan laut.

Baca Juga:
Yeay, Kapal Indonesia Kembali Berhasil Masuk White List Tokyo MoU

"Nah, ini sudah banyak yang sudah tersambung tapi belum semuanya karena ini butuh waktu mengubah mindset dari teman-teman yang ada di operator nantinya kalau e-ticketing ni sudah jalan semua itu lebi enak," ujar Capt. Antoni di Jakarta, Jumat (26/4/2024). 

Nantinya bila sudah diterapkan maka akan lebih mudah memetakan berapa banyak kebutuhan armada kapal pada saat angkutan Lebaran atau Natal dan Tahun Baru (Nataru), sehingga tidak kekurangan atau penumpang menumpuk di pelabuhan. 

Baca Juga:
PM Harmonisasi Sistem Pemeriksaan dan Sertifikasi Kapal Berbendera Indonesia Diterbitkan

"Bila sudah ada sistemnya kan, penumpang jadi tahu pasti kapan akan berangkat dan tiba ke pelabuhan pada saat menjelang keberangkatan," tuturnya. 

Diakui Capt. Antoni bahwa karateristik angkutan laut dengan moda lainnya seperti kereta api dan pesawat terbang memang berbeda. 

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Rakornis Terkait Perkapalan dan Kepelautan

"Kalau di kereta api sesuatu yang mudah karena gerbongnya sama keretanya sama, jumlahnya sama, hampir semuanya sama penumpangnya kereta api adalah penumpang menengah ke atas ya Ini belum di garis bawahi. Begitu juga penumpang pesawat lebih lebih ke atas lagi dan namanya pesawat itu semua sama, tempat duduknya sama panjangnya sama," urainya. 

Pada kapal, banyak ragam model dan ukuran, seatnya beda ini yang menjadi variabel berbeda, dan menjadi menantang dalam memberlakukan e-ticekting. 

Untuknya melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, pihaknya kata dia, akan melayangkan Surat Edaran kepada operator kapal. 

Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, operator kapal PT Dharma Lautan Utama (DLU) menyampaikan bahwa pihaknya telah menerapka e-ticketing sejak beberapa tahun terakhir. 

"Kami termasuk pelopor dalam menerapkan e-ticketing untuk semua layanan kapal penumpang," ungkap Direktur Utama DLU Erwin P Poedjono. 

Pihaknya telah menerapkan penjualan tiket secara online untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa saat hendak naik kapal DLU dan anak perusahaan.  (omy)