Kemenperin: Indonesia Siap Produksi 1.200 Bus Listrik per Tahun

  • Oleh : Bondan

Rabu, 03/Feb/2021 06:59 WIB
Ilustrasi bus listrik Ilustrasi bus listrik

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut Indonesia siap memproduksi bus listrik dengan kapasitas 1.200 per tahun. Produksi tersebut dapat dipenuhi oleh PT Mobil Anak Bangsa (MAB), PT INKA, dan PT Kendaraan Listrik Indonesia (KLI).

"Saat ini ada tiga industri yang siap berproduksi dengan kapasitas 1.200 per tahun," ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier dalam acara Busworld Southeast Asia, Selasa, 2 Februari 2021.

Menurutnya kesiapan Indonesia memproduksi bus listrik seiring dengan perkembangan teknologi dan penguatan aspek lingkungan serta penurunan karbon. Apalagi teknologi dalam pengembangan bus listrik telah dimuat dalam peta jalan yang disusun Kementerian Perindustrian.

Baca Juga:
Menperin Usulkan Mobil di Bawah Rp250 Juta Tak Kena PPnBM Mulai 2022

"Itu menuntut kita beradaptasi untuk membangun produk dengan inovasi yang comply dengan perkembangan itu," ucap dia.

Di samping itu, pemerintah juga mempersiapkan jaringan charger station untuk kendaraan listrik di berbagai wilayah. Termasuk pabrik baterai kendaraan listrik hingga penguatan infrastruktur kendaraan berbasis listrik .

"Semua sudah kita akomodasi teknologi yang berkembang, sudah ada di roadmap," tambahnya. (Medcom.id)

Baca Juga:
Industri Karoseri Produksi 2.075 Bus Tahun 2020