Teman Bus Banyumas Akan Layani Pengguna Jasa Mulai Pukul 05.00 dengan 62 Armada

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Feb/2021 10:16 WIB
Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani

 

JAKARTA (BertaTrans.com) - Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Ahmad Yani menuturkan Teman Bus di Banyumas akan hadir dengan tiga koridor.

Baca Juga:
Pentingnya Merawat Keselamatan Selama Mudik Lebaran

Koridor 1 melayani Terminal Pasar Pon - Terminal Ajibarang. Koridor 2 untuk trayek Terminal Kebondalem - Terminal Bulupitu, dan Koridor 3 :Terminal Notog (Patikraja) - Terminal Baturaden Bawah (Loop).

"Nantinya Teman Bus akan beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai dengan 9 atau 10 malam," ujar Yani dalam Wehinar, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga:
Merealisasikan Mudik Aman Berkesan

Koridor 1 akan difasilitasi dengan 16 unit bus. Koridor 2 sebanyak 19 unit bus, dan koridor 3 akan ada 27 unit bus total 62 unit bus. 

"Koridor 3 memang lebih banyak dibanding yang lain karena rutenya berputar atau loop. Inilah yang istimewa dari koridor di Banyumas," lanjut Yani.

Baca Juga:
Transformasi Digital dalam Pengawasan Kendaraan ODOL Dibahas Melalui FGD

Indikator pelaksanaan BTS yang harus dijaga adalah headway 10-15 menit. Hal ini diutamakan agar tidak terjadi penumpukan penumpang di halte yang menunggu bus terlalu lama. 

Di samping itu, indikator lainnya adalah tingkat okupansi dan jumlah pengguna, jumlah kecelakaan yang terjadi saat operasional, kecepatan angkutan umum, standar kondisi kendaraan, dan standar pelayanan minimal.

Dia manambahkan, per 31 Desember 2020, jumlah penumpang Teman Bus yang sudah hadir di lima kota besar mencapai lebih dari 2 juta orang dengan total pengguna aplikasi sebanyak lebih dari 54 ribu pengguna.

Banyumas menjadi salah satu kabupaten yang dipilih untuk pengaplikasian program Buy The Service karena perkembangan ekonomi yang cukup bagus.

Dengan jumlah penduduk 1.776.918 jiwa dan tercatat terdapat kendaraan sebanyak 681.881 unit. Untuknya dinilai perlu mengubah kebiasaan masyarakat agar beralih ke moda transportasi publik. 

Program ini disambut baik oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein dan seluruh warga Banyumas. Dirinya mengungkapkan rasa bangga karena Banyumas dapat terpilih di antara lebih dari 550 kabupaten/kota yang ada di Indonesia. 

"Saya sangat berterimakasih atas nama masyarakat Banyumas karena terpilih dalam program BTS di Indonesia. Apalagi program ini gratis 1 tahun, nanti akan kita usahakan tambah dari APBD agar bisa kasih tambahan waktu gratis 2 bulan," kata Bupati Achmad.

Sementara itu,  Pakar Transportasi, Djoko Setijowarno menyampaikan bahwa kehadiran BTS Teman Bus di Banyumas nantinya dapat meniru Solo. 

“Saya berharap nanti Pemda dapat memberikan angkutan feeder ke kawasan pemukiman dan feeder ke angkutan pedesaan. Harapannya dengan adanya BTS Teman Bus ini kecelakaan dan tingkat pelanggaran lalu lintas menurun, pariwisata juga akan meningkat terutama yang rute ke Baturaden,” ujar Djoko. (omy)