Detik-detik Sepeda Tersambar Kereta Api, Masinis Panik Bunyikan Klakson

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 06/Feb/2021 06:26 WIB
Detik-detik sepeda tertabrak kereta api (Instagram/@edansepurid) Detik-detik sepeda tertabrak kereta api (Instagram/@edansepurid)

BEKASI (BeritaTrans.com) - Sebuah kejadian menegangkan terekam kamera seorang petugas kereta api. Dalam rekaman yang diambil dari dalam ruang kemudi keraeta api itu, terlihat seorang pria dengan sepeda ontel sedang berusaha menyeberangi rel.

Kejadian tersebut membuat masinis panik dan segera membunyikan klakson panjang untuk memperingatkan si pesepeda.

Baca Juga:
KAI Daop 5 Purwokerto Hadirkan Diskon Tarif Kereta Api hingga 25% di Cilacap UMKM Expo 2024

Video tersebut lantas diunggah oleh akun @edansepurid pada Jumat (5/2/2021) dan viral di Instagram. Dijelaskan bahwa pesepeda tersebut tidak tertib berlalu lintas sehingga menimbulkan akibat yang fatal.

"Kurang lebih seperti inilah yang terjadi ketika kereta api ditabrak pengguna jalan yang tidak tertib melewati perlintasan sebidang baik dijaga maupun tidak dijaga," tulis akun tersebut.

Baca Juga:
Momen Libur Panjang, KCIC Sediakan 28 ribu Tempat Duduk Kereta Whoosh per Hari

Kereta tersebut harus berhenti terlebih dahulu usai kejadian. Hal itu dilakukan untuk memastikan sepeda tak tersangkut di rangkaian gerbong kereta api.

"Dimana kereta api diharuskan berhenti terlebih dahulu untuk memastikan kendaraan tidak tersangkut di kereta api," lanjut akun tersebut.

Baca Juga:
Libur Panjang Momen Kenaikan Yesus Kristus, KAI Operasikan KA-KA Tambahan

Dalam unggahan itu disebutkan tidak ada kerusakan yang terjadi pada kereta api. Proses evakuasi terhadap sepeda pun juga sudah dilakukan. Kejadian ini disebut dapat mengganggu jadwal kedatangan kereta api yang melewati rute tersebut.

"Tidak ada kerusakan pada sarana kereta api/lokomotif, serta proses evakuasi terhadap kendaraan yang menabraknya.

Dan yang pasti akan mengganggu jadwal perjalanan kereta api tersebut dan jadwal perjalanan kereta api lainnya," lanjut akun itu.

Dalam unggahan tersebut juga diperlihatkan video saat pria pengendara sepeda itu berjalan mengamankan sepedanya yang sudah ringsek. Ia selamat dari maut karena berhasil menghindar saat kereta semakin dekat. 

"Alhamdullillah, orang yang bersangkutan selamat dapat menyelamatkan diri. Semoga ini menjadi pelajaran untuk kita semua. Jadi, netizen masih ada yang beranggapan 'udah biarin tabrak aja?' Sumber : Tertera atas nama Mas Rio #DisiplinPerlintasan #BelajarDisiplinBersama," pungkas akun tersebut.

Melihat video tersebut, para warganet lantas menuliskan beragam komentar. Beberapa dari mereka menyebut kejadian ini akibat perilaku si pesepeda yang sembarangan menyeberag rel kereta api.

"Untung ya selamat lagian nggak nengok dulu sebelum menyebrang salah sendiri sih," tulis warganet dengan akun @jaksa***.

"Pasti masinis ada rasa bersalah walaupun tidak salah," tulis warganet dengan akun @satya.adi***.(amt/sumber:suara.com)