Sempat Banjir, Jalur KA antara Stasiun Semarang Tawang-Alastua kini Beroperasi Lagi

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 09/Feb/2021 17:23 WIB
Kereta Api melintas pada jalur yang sebelumnya digenangi banjir. Kereta Api melintas pada jalur yang sebelumnya digenangi banjir.

SEMARANG (BeritaTrans.com) - Sempat berdampak karena banjir, akhirnya pada Selasa (9/2/2021) pagi, jalur hulu KA antara Stasiun Semarang Tawang - Stasiun Alastua telah dapat dilewati oleh kereta api kembali. 

Adapun kereta api pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KA Maharani dari Surabaya dengan tujuan akhir Semarang dengan kecepatan 10 km/jam pada pukul 9.00. 

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

"Dengan beroperasinya 1 jalur hulu tersebut, maka seluruh kereta api dapat kembali melalui lintas Utara Jawa dan tidak perlu memutar ke lintas Selatan," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus pada keterangannya, Selasa (9/2/2021). 

Baca Juga:
KA Lodaya Pakai Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

Joni menjelaskan, selain upaya perbaikan jalur oleh KAI, banjir yang menggenang juga sedikit demi sedikit surut. Banjir yang sempat menggenangi Stasiun Semarang Tawang saat ini sudah surut dan pelayanan di stasiun tersebut normal kembali. 

KAI bekerja secara terus menerus selama 24 jam untuk mengatasi banjir beserta kendala di lapangan. Perbaikan dengan alat kerja manual untuk meninggikan jalur rel terus dilakukan hingga akhirnya dapat dilalui oleh 2 KPJR (Kereta Perawatan Jalan Rel) dalam melakukan penanganan. Penanganan juga dilanjutkan dengan mendatangkan satu alat berat yakni ekskavator dan menambah batu balas kricak. 

Baca Juga:
3 Remaja Keserempet Kereta Saat Ngonten di Dekat Rel, 1 Tewas

“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Semarang dan sekitarnya," ujar Joni. 

KAI akan terus melakukan normalisasi pada jalur double track tersebut sehingga seluruh lintas Utara Jawa dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk memastikan progres pengerjaannya. 

"KAI juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu jalannya proses perbaikan jalur KA ini," tutup Joni. (fahmi)