ASDP Siap Operasikan KMP Aceh Hebat 1 dan 3

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 12/Mar/2021 19:38 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com) -  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Singkil siap mengoperasikan KMP Aceh Hebat 1 dan KMP Aceh 3 yang telah dipercayakan oleh Pemerintah Aceh dalam mendukung konektivitas penyeberangan masyarakat di wilayah Aceh Singkil dan sekitarnya. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan kehadiran KMP Aceh Hebat 1 dan 2 ini menyusul KMP Aceh Hebat 2 yang sudah beroperasi terlebih dahulu di lintasan Ule Lheue-Balohan. 

Baca Juga:
Jelang Libur Long Weekend, ASDP Layani 1.814 Penumpang dari Jawa ke Bali

"Kami mengapresiasi Pemerintah Aceh yang memberikan kepercayaan kepada ASDP untuk mengoperasikan 3 unit KMP Aceh Hebat baik 1, 2 dan 3 bagi masyarakat Aceh Singkil dan sekitarnya. Tentu kami akan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya, melayani transportasi penyeberangan yang aman, nyaman dan selamat. Kami harapkan kehadiran KMP Aceh Hebat 1 dan 3 yang dioperasikan ASDP ini dapat semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan juga mendukung kelancaran sektor logistik serta menunjang perekonomian daerah," tuturnya. 

KMP Aceh Hebat 1 melayani rute Sinabang - Calang sedangkan KMP Aceh Hebat 3 melayani rute Singkil-Pulau Banyak-Sinabang. Dalam pelayaran perdana KMP Aceh Hebat 1 pada Selasa (9/3) yang diresmikan oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan dihadiri juga oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP Harry MAC, terlihat antusiasme masyarakat cukup tinggi. Di masa pandemi Covid-19, lebih dari 60% kapasitas terisi. 

Baca Juga:
ASDP Batam Layani Pemesanan Tiket via Hotline Khusus

Gubernur Nova Iriansyah berpesan agar ASDP sebagai operator kapal bisa merawat dengan baik KMP Aceh Hebat 1, 2 dan 3 yang dioperasikan. Ia juga berpesan kepada penumpang untuk tetap disiplin dan tidak membuang sampah sembarangan. "Kapal ini milik kita. Kita harus disiplin terutama dalam hal membuang sampah. Jika tidak, sulit operator merawatnya," kata Nova. 

KMP Aceh Hebat 1 didesain untuk pelayaran jarak jauh dan tersedia tempat tidur bagi penumpang. KMP Aceh Hebat 1 berukuran 1300 GT dengan panjang 70 meter dan lebar 15 meter, memiliki waktu tempuh 17 jam, dan mampu mengangkut 250 orang penumpang dan 33 kendaraan campuran. KMP ini melayani rute Sinabang-Calang, dimana kapal berangkat dari Pelabuhan Calang pada Senin dan Rabu, dan berangkat dari Pelabuhan Sinabang pada Selasa dan Kamis. 

Baca Juga:
Sambut Libur Long Weekend Kenaikan Isa Almasih, ASDP Imbau Penumpang Beli Tiket dari Sekarang

Sedangkan KMP Aceh Hebat 3 berukuran 600 GT, dan mampu mengangkut 212 orang penumpang dan 21 unit kendaraan campuran. KMP Aceh Hebat 3 melayani rute Pulau Banyak - Sinabang dengan waktu tempuh 8 jam dan rute Singkil- Pulau Banyak dengan waktu tempuh 4 jam. Jadwal berangkat rute Singkil - Pulau Banyak setiap minggu ke 1 dan 3 pada hari Minggu hingga Jumat, dan setiap minggu ke 2 dan 4 pada hari Minggu hingga Kamis. Sedangkan untuk jadwal berangkat rute Pulau Banyak - Sinabang pada minggu ke 2 dan 4, dari Pulau Banyak hari Kamis, dan dari Sinabang hari Jumat. (omy/lia)