Karoseri Laksana Luncurkan Bus Listrik E-Cityline3 untuk TransJakarta, Pakai Sasis BYD-Bakrie Autoparts

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 27/Mei/2021 17:11 WIB
Karoseri Laksana luncurkan bus listrik Transjakarta menggunakan sasis dari BYD-Bakrie Autoparts. Foto: Twitter Bakrie Untuk Negeri. Karoseri Laksana luncurkan bus listrik Transjakarta menggunakan sasis dari BYD-Bakrie Autoparts. Foto: Twitter Bakrie Untuk Negeri.

Baca Juga:
BPTJ Sebut Transjakarta Siap Jadi Operator JR Connexion dan Transjabodetabek

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perusahaan karoseri Laksana meluncurkan bus listrik berukuran medium yang dinamakan "E-Cityline3."

Akun Twitter Bakrie Untuk Negeri, Kamis (27/5/2021), yang dipantau BeritaTrans.com dan Aksi.id, menginformasikan bus itu menggunakan sasis buatan BYD dan Bakrie Autoparts, salah satu unit usaha di bawah PT Bakrie & Brothers Tbk.

Baca Juga:
26 Bus Listrik Resmi Mengaspal, Diluncurkan Dishub Provinsi DKI Jakarta, TransJakarta dan DAMRI

Di bagian interior, bus listrik ini sudah dilengkapi kamera CCTV, dan khusus pada unit ini, pada bagian joknya menggunakan warna biru lengkap dengan logo TransJakarta.

Di bagian kaca depan dan kaca samping jg terdapat papan informasi LED bertuliskan TransJakarta, kode bus, serta nomor kontak call center TransJakarta.

Baca Juga:
Menjajal Transjakarta dengan Mau ke Mana Saja dengan Tarif Flat

TransJakarta memang berencana menggunakan bus listrik sebagai salah satu armadanya. 

Bus listrik Laksana hasil kolaborasi dengan BYD dan Bakrie Autoparts sudah dirilis beberapa waktu lalu. Bus listrik berukuran medium ini pun sudah bisa dipesan konsumen, dengan harga mulai Rp 4,5 miliar.

Harga Rp4,5-6 Miliar

Sebelumnya  Communication Manager Laksana, Candra Dewi, bus listrik Laksana sudah bisa dipesan, dengan waktu tunggu sekitar 3 bulan.

"Untuk harga OTR-nya, range Rp 4,5 miliar-Rp 6 miliar. Itu termasuk bodi (interior, AC, jok) dan sasis," kata Dewi, kepada detikOto, melalui pesan singkat kepada detikOto, Senin (24/5/2021).

Bus listrik ini mengusung kelir warna putih dengan tulisan 'hijau untuk negeri'. Kemudian di bagian kaca ada logo BYD dan Bakrie Autoparts selaku distributor BYD di Indonesia. Mempermanis desain, di bagian atas kaca depan disematkan emblem 'electric bus'.

Dalam penjelasan di video kanal Youtube Laksana Bus pada 8 Februari, pihak karoseri Laksana mengklaim jika bus ini memberikan karakter desain yang modern dan futuristik. Selain itu telah menggunakan rangka berbahan high strength stainless steel dan juga material composite yang ringan.

"Penggunaan material-material yang light weight ini tentu saja akan menghasilkan biaya operasional yang lebih rendah dan rangka yang digunakan high strength stainless steel memiliki karakter yang kuat dan tidak kalah ringan dengan rangka aluminium dengan biaya yang lebih efisien," sebut Laksana.

Bus ini juga sudah menggunakan suspensi udara, sehingga ketinggian dek bisa diatur sesuai kebutuhan. Laksana mengatakan jika bodi bus listrik ini bisa dipakai selama lebih dari 15 tahun.