Wow! Bus Quad Axle Punya 4 Poros Roda, Apa Kelebihannya?

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 20/Jun/2021 17:23 WIB
Contoh bus quad axle yang beroperasi di Brasil. Foto: Detik.com. Contoh bus quad axle yang beroperasi di Brasil. Foto: Detik.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bus tronton atau bus triple axle sudah banyak beredar di jalanan Indonesia. Tapi kamu tahu tidak, ada bus yang punya poros roda lebih banyak dibanding bus triple axle. Bus tersebut memiliki konfigurasi quad axle atau bus dengan empat poros roda. Apa ya keunggulannya?

Salah satu sasis bus quad axle yang tersedia di pasaran adalah Mercedes-Benz O500 RSDD 2741 8×2. Angka 8x2 sendiri memiliki arti jika bus ini ditopang oleh 8 roda, masing-masing 4 di sisi kanan dan sisi kiri.

Baca Juga:
Komunitas Mercedes Benz W211: BBM RON Tinggi Terbukti Lebih Ekonomis

Dengan poros roda yang lebih banyak, bus quad axle tentunya mampu menampung muatan lebih berat, kapasitas lebih banyak, dan distribusi beban yang lebih merata. Dikutip dari berbagai sumber, as roda depan bus quad axle misalnya, mampu menahan beban hingga 10 ton (10.000 kg), sementara as roda belakangnya bisa menampung bobot hingga 17 ton (17.000 kg).

Keunggulan lain dari bus quad axleyakni mampu dipasang bodi dengan panjang mencapai 14 meter, selain itu jarak sumbu roda juga bisa diatur secara fleksibel. Dan tentunya sasis bus quad axle mampu mengadopsi berbagai jenis bodi, seperti double decker (bus tingkat) hingga low driver atau familiar dengan sebutan bus UHD (Ultra High Decker).

Baca Juga:
Hino Masih Pikir-pikir Bawa Sasis Bus Tronton Ke Indonesia

Bicara spesifikasi, bus quad axle seperti Mercedes-Benz O500 RSDD 2741 8×2 dibekali mesin OM 457 LA 6 silinder segaris 12 liter (12.000cc), yang mampu menghasilkan tenaga puncak 408 dk dan torsi maksimum 1.900 Nm pada 1.100 rpm.

Tenaga mesin tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis PowerShift otomatis, tanpa pedal kopling, dengan tiga fungsi kenyamanan, keamanan, dan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga:
Wuih, Bukan Tesla! Mercy-BMW Bakal Produksi Mobil di RI

Selain itu, bus yang pertama kali diperkenalkan pada 2016 ini dilengkapi sejumlah fitur keselamatan, seperti sistem kontrol stabilitas ESP, ABS (Anti-lock Brake System) dan ASR (Anti Slip Regulation), rem elektronik EBS, rem cakram, hingga retarder. (dn/sumber: Detik.com)