Ayo! Ini Instansi yang Buka CPNS Lulusan SMA

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 04/Jul/2021 08:37 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Setelah tahun lalu ditiadakan, tahun ini pemerintah kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).

Pendaftaran CPNS dan CPPPK sudah bisa dimulai sejak 30 Juni 2021 dan akan berakhir pada 21 Juli 2021. Dari beberapa instansi pemerintah, ada beberapa yang membuka lowongan CPNS untuk para lulusan SMA atau sederajat.

Baca Juga:
Jelang Nataru 2023, Basarnas Petakan Wilayah Rawan Bencana

Diantaranya adalah Kementerian Perhubungan, Kejaksaan RI, hingga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Berikut rinciannya yang sudah dikumpulkan oleh CNBC Indonesia:

Baca Juga:
Basarnas Jabar Siapkan Tim Pencari untuk Berangkat ke Swiss

Kementerian Perhubungan

Melalui akun Instagram resmi @kemenhub151, otoritas perhubungan telah membuka 2.445 formasi dalam seleksi CPNS 2021. Formasi tersebut tersebar di semua unit kerja Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:
Pelaksanaan SKD Selesai, Ini Jadwal Tes SKB CPNS 2021

Mulai dari Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan Laut, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Badan Litbang, serta BSDMP dan BPTJ.

Meski demikian, hingga saat ini kementerian yang dinahkodai Budi Karya Sumadi itu belum mengumumkan secara rinci formasi yang dibutuhkan.

Kejaksaan RI

Untuk Kejaksaan RI, setidaknya ada dua jabatan yang dibuka untuk lulusan SMA dalam formasi CPNS Kejaksaan. Pertama adalah Tenaga Administrasi Penanganan Perkara sebanyak 496 formasi, dan Pengawal Tahanan untuk 494 formasi.

Basarnas

Khusus Basarnas, mereka membuka setidaknya 248 formasi CPNS bagi lulusan SMA atau sederajat. Formasi yang dibuka pun beragam, mulai dari nakhoda kapal, masinis, hingga juru kemudi.

Berikut rinciannya seperti dikutip laman Basarnas :

- Nahkoda Kapal Kelas I
Dibutuhkan sebanyak satu orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK Pelayaran atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV

- Mualim I Kapal Kelas II
Dibutuhkan sebanyak dua orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK Pelayaran atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV

- Mualim II Kapal Kelas II
Dibutuhkan sebanyak satu orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT V

- Mualim I Kapal Kelas IV
Dibutuhkan sebanyak tiga orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck)

- Masinis II Kapal Kelas II
Dibutuhkan sebanyak enam orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

- Masinis I Kapal Kelas III
Dibutuhkan sebanyak satu orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

- Masinis I Kapal Kelas IV
Dibutuhkan sebanyak empat orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

- Markonis
Dibutuhkan sebanyak satu orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK Pelayaran atau sederajat yang memiliki sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Operator Radio Umum (ORU).

- Kelasi Kapal Kelas II
Dibutuhkan sebanyak 10 orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck).

- Juru Mudi
Dibutuhkan sebanyak 21 orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck). (Fh/sumber:CNBC)