2 Kapal Bertabrakan di Lepas Pantai Filipina, Minyak Tumpah

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 11/Jul/2021 09:30 WIB
foto:istimewa/AP/iNews.id foto:istimewa/AP/iNews.id

MANILA  (BeritaTrans.com) - Tabrakan dua kapal terjadi di lepas pantai Manila, Filipina, Kamis (8/7/2021). Kapal kargo bertabrakan dengan kapal keruk, menyebabkan minyak tumpah. MV Palawan Pearl bertabrakan dengan kapal berbendera Siprus BKM 104 di Teluk Manila, hanya 100 meter dari Pantai Baseco.

Penjaga Pantai Filipina memastikan tidak ada korban dalam insiden tersebut. Saat kejadian MV Palawan Pearl membawa 3.000 liter solar, 60 liter oli mesin, dan 5 liter minyak lambung kapal. Setelah tabrakan, kilauan minyak terlihat di perairan sekitar Palawan Pearl. Setengah dari bagian kapal tenggelam.

Baca Juga:
2 Kapal Ferry ASDP Tabrakan di Laut NTT, Ini Kronologinya

Pasukan penjaga lingkungan maritim, bagian dari Penjaga Pantai, dikirim ke lokasi untuk mengendalikan tumpahan minyak di sekitar kapal. Video Detik-Detik KKP Tangkap 6 Kapal Asing Ilegal asal Vietnam dan Filipina Berdasakan penyelidikan awal, kapal kargo baru saja meninggalkan dermaga di Pantai Baseco saat nakhoda melihat BKM 104 melaju dengan kecepatan 10 knot dari sisi kiri.

"MV Palawan Pearl segera bermanuver untuk menghindari BKM 104, tapi menabrak dua kali di sisi kiri kapal kargo, hampir tenggelam ke dalam air," bunyi pernyataan Penjaga Pantai, dikutip dari DPA, Jumat (9/7/2021). BKM 104 berada di lokasi itu untuk melakukan pengerukan dan pengembangan lahan.(amt/iNews.id)

Baca Juga:
Kapal Tabrakan di Alur Pelayaran Barat Surabaya, 5 ABK Hilang