Elon Musk Kenalkan Kapal Drone Baru SpaceX Otonom untuk Pendaratan Roket di Laut

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 14/Jul/2021 21:33 WIB
Kapal drone terbaru SpaceX, A Shortfall of Gravitas, menuju ke Florida untuk menangkap pendorong roket Falcon 9 di laut. Kredit: SpaceX/Elon Musk/Twitter Kapal drone terbaru SpaceX, A Shortfall of Gravitas, menuju ke Florida untuk menangkap pendorong roket Falcon 9 di laut. Kredit: SpaceX/Elon Musk/Twitter

Jakarta (BeritaTrans.com)  - CEO SpaceX, Elon Musk, mengenalkan landasan nirawak untuk pendaratan roket terapung di laut yang dinamai A Shortfall of Gravitas (ASOG). Musk membagikan video landasan canggih berbentuk kapal ini di akun Twitter miliknya.

 

"Kapal drone SpaceX otonom, A Shortfall of Gravitas," tulis Musk singkat di postingan tersebut, Jumat, 9 Juli 2021.

Dia juga menambahkan bahwa kapal drone itu sepenuhnya otomatis tanpa kapal tunda yang diperlukan untuk membawanya ke Samudra Atlantik—dekat lokasi peluncuran SpaceX di Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat.

Di sana kapal akan mendukung peluncuran Atlantik Falcon Heavy dan roket andalan SpaceX, Falcon 9, yang secara teratur mengirim satelit broadband Starlink ke orbit, termasuk mengirim astronot NASA serta kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, sebagaimana dikutip Space, Senin, 12 Juli 2021,.

Peluncuran SpaceX berikutnya yang diperkirakan adalah Starlink yang ditetapkan pada Juli dari Vandenberg Space Force Base di California, serta misi kargo CRS-23 ISS dari Kennedy Space Center di Florida pada 18 Agustus, menurut kalender peluncuran SpaceflightNow di seluruh dunia.

ASOG akan menggantikan peran kapal drone Of Course I Still Love You yang sudah berjalan lama, yang mendukung peluncuran di Atlantik sejak 2015. Bulan ini, kapal itu dialihkan ke Pantai Pasifik dalam sebulan—perjalanan panjang mulai 10 Juni.

SpaceX sedang meningkatkan peluncuran satelit Starlink di California, yang membutuhkan banyak dukungan kapal drone untuk menangkap roketnya yang dapat digunakan kembali. ASOG juga akan bekerja di Atlantik bersama pesawat nirawak SpaceX lainnya, Just Read the Instructions (JRTI), yang pindah ke Port Canaveral dari Pelabuhan Los Angeles pada 2019. 

Nama ASOG dipakai untuk menghormati karya mendiang penulis fiksi ilmiah Iain M. Banks, yang merupakan nama yang sama dengan pesawat ruang angkasa fiksi “Experiencing A Significant Gravitas Shortfall” dalam karya Banks. Sementara dua kapal lainnya juga berasal dari nama kapal yang disebutkan dalam novel “Culture” Banks.

(lia/sumber:tempo.co)