Harga Mulai Rp100 Jutaan, Mobil Ini Laku Keras di Indonesia

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 12/Agu/2021 18:59 WIB
Daihatsu Ayla. Foto: Istimewa Daihatsu Ayla. Foto: Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Meski masih diselimuti suasana pandemi, namun pada tahun ini penjualan mobil di Indonesia sudah jauh lebih baik dari tahun lalu. Hal ini terlihat dari hasil pencapaian Daihatsu.

Sepanjang periode Januari hingga Juli 2021, total angka penjualan mereka dari diler ke konsumen mencapai 77.402 unit, naik 30,2 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga:
Mobil Baru Non-LCGC Ini Harga di Bawah Rp 200 Juta

Demikian pula dengan pengiriman unit dari pabrik ke konsumen, di mana angkanya tercatat sebanyak 84.111 unit atau lebih tinggi 63,9 persen.

Hal itu bisa dicapai berkat beberapa hal, mulai dari adanya relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM untuk mobil tipe tertentu hingga diizinkannya pabrik untuk tetap beroperasi di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Baca Juga:
Harmonisasi Tarif PPnBM, Harga SUV Eropa Mepet dengan Jepang

“Penjualan tahun ini mencapai hasil positif dibandingkan tahun lalu, didukung oleh berbagai program pemerintah dalam menggairahkan sektor industri otomotif,” ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Kamis 12 Agustus 2021.

Dari data yang diberikan, terlihat hingga Juli 2021 penjualan ritel mereka didominasi oleh kendaraan jenis pikap Gran Max dengan angka 21.520 unit. Kontribusinya terhadap total penjualan Daihatsu yakni 27,8 persen.

Baca Juga:
Semikonduktor untuk Honda Mobilio Langka, Produksi Terganggu

Posisi kedua ditempati oleh mobil yang masuk dalam segmen low cost green caratau LCGC, yaitu Sigra sebanyak 18.455 unit dengan kontribusi 23,8 persen. Diikuti oleh Daihatsu Terios 11.266 unit yang mencakup 14,6 persen dari total penjualan mereka.

Posisi berikutnya kembali diisi oleh mobil LCGC yang ditawarkan dengan hargamulai Rp103 jutaan, yakni Daihatsu Ayla. Mobil berkapasitas lima orang kini laku sebanyak 10.233 unit, dengan kontribusi 13,2 persen.

Sementara itu, mobil terbaru mereka yaitu Daihatsu Rocky sejak pertama diperkenalkan pada April hingga Juli kemarin sudah laku sebanyak 1.512 unit. Dipasarkan dengan banderol mulai Rp178 jutaan, model ini hadir dengan pilihan mesin 1.200cc standar dan 1.000cc Turbo. (dn/sumber: Viva.co.id)