Balita Menderita Kanker Darah di Indramayu Itu Akhirnya Berobat ke RSHS Bandung

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 27/Agu/2021 15:27 WIB
Camat Kertasemaya, Ade Sukma Wibowo dan jajaran  Forkopimcam setempat membantu  penyembuhan Azka Fairus, Balita berusia 18 bulan berobat ke  RSHS Bandung. (Ist.) Camat Kertasemaya, Ade Sukma Wibowo dan jajaran Forkopimcam setempat membantu penyembuhan Azka Fairus, Balita berusia 18 bulan berobat ke RSHS Bandung. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Jumat (27/8/2021) siang,   Azka Fairus, seorang Balita  berusia 18 bulan tiba di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung guna menjalani perawatan karena menderita penyakit kanker darah atau leukemia.

Balita anak pasangan suami Boby Handoko dan istri Casliyah ini sebelum dirujuk ke RSHS Bandung pernah dibawa ke RSUD Indramayu. Di RSUD Indramayu ini Azka Fairus disimpulkan menderita penyakit kanker darah.

Orang tua Azka Fairus tinggal di Desa Larangan Jambe,  Blok Depok, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat secara ekonomi tergolong kurang mampu.

Sehingga keluarga ini memerlukan uluran tangan semua pihak untuk membantu penyembuhan anak Balitanya yang tengah dirawat di RSHS Bandung.

Karena ketidakmampuan ekonomi  orang tua membiayai  pengobatan,  Azka Fairus  yang waktu itu  sedang dalam perawatan di RSUD Indramayu  terpaksa dibawa pulang dan menjalani pengobatan di rumah.

Ny. Casliyah mengemukakan, sebelum dibawa ke RSUD Indramayu awalnya Azka mengalami buang air besar terus menerus. Hal itu membuat kondisi kesehatan anaknya  menurun dan cukup mengkhawatirkan.

Melihat hal itu orang tua khawatir. Memeriksakan  kesehatan Azka Fairus  ke dokter. Dokter kemudian merujuk ke RSUD Indramayu dan Azka Fairus mendapat perawatan intensif.  

"Mengingat biaya  yang tidak memungkinkan, anak saya terpaksa diobati di rumah," katanya.  

Diakui, karena menderita penyakit itu, pertumbuhan Azka  kurang normal. Anak Balita sebayanya sudah bisa berjalan. Sedangkan Azka masih belum bisa berjalan. Balita ini sering menangis.

Kuwu (Kepala Desa)  Larangan Jambe, Karta mengemukakan, kondisi Azka Fairus cukup  memprihatinkan. Pernah mendapat bantuan dari berbagai kalangan. Termasuk dari kantor Kementerian Sosial yang belum lama berkunjung.  

"Sebagai Kepala Desa terus berupaya memberikan bantuan pengobatan. Jumat Azka dirujuk ke RS di Bandung," tuturnya.

Camat Kertasemaya, Ade Sukma Wibowo membenarkan kondisi Azka Fairus membutuhkan perawatan medis.

Pihaknya bersama tim medis dan jajaran Forkopimcam berupaya membantu meringankan beban orang tua Balita yang tengah tertimpa sakit ini.

“Azka menjalani perawatan di Rumah Ssakit Hasan Sadikin Bandung,” ujarnya. (Taryani).