Bersama Walikota Solo, Menhub Tinjau Pengembangan Terminal Tirtonadi

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 28/Agu/2021 19:04 WIB
Menhub dan Walikota Solo di Terminal Tirtonadi Solo, Sabtu (28/8/2021) Menhub dan Walikota Solo di Terminal Tirtonadi Solo, Sabtu (28/8/2021)


SOLO (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau progres revitalisasi Terminal Tipe A Tirtonadi dan membahas rencana pembangunan simpang palang Joglo di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/8/2021). 

Menhub mengatakan, revitalisasi atau pembangunan Terminal Tipe A Tirtonadi akan selesai  September 2021.

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

"Hari ini setelah dari Jogja dan Purworejo, kami memastikan pembangunan dari Terminal Tipe A Tirtonadi. Karena terminal Tirtonadi ini akan kita jadikan contoh untuk terminal lainnya," tuturnya. 

Nantinya Terminal Tipe A Tirtonadi akan memiliki berbagai fungsi lainnya selain menjadi simpul transportasi, yakni adanya function hall, sport center, food court, dan pusat kesenian. 

Baca Juga:
Posko Terpadu Angkutan Lebaran Resmi Ditutup, Ada 242 Juta Pergerakan

Menurut Menhub, langkah menambah fungsi dari terminal ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi massal seperti bus.

“Saat ini angka penumpang bus sedang menurun, sehingga perlu adanya pemikiran yang kreatif terkait fungsi apa yang bisa dikolaborasikan dengan transportasi,” ujarnya.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Dengan adanya penambahan fungsi terminal tersebut, diharapkan berbagai kalangan baik anak muda, orang tua, hingga penikmat kesenian mau datang.

Diharapkan langkah ini juga dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Solo dan sekitarnya

"Terminal ini dikelola Kemenhub melalui Badan Layanan Umum (BLU), sehingga masyarakat dan swasta bisa menyewa ruang-ruang yang ada di terminal ini. Semoga ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar," ungkap Menhub. 

Sementara Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan  mendukung penuh program Kemenhub dalam rangka mengembangkan Terminal Tirtonadi. 

Harapannya terminal ini bisa menjadi pemicu percepatan ekonomi di Kota Solo. 

"Tadi kami telah berdiskusi masalah Terminal Tirtonadi untuk function hall, sport center dan tempat kegiatan ekonominya. Menjadi hub nya warga Solo dan sekitarnya. Harapannya pandemi ini bisa segera selesai dan warga bisa beraktifitas kembali dan terminal ini bisa ramai kembali,” ungkap Gibran. (omy)