Jalur Sepeda untuk Kerja di Sudirman-Thamrin Jakarta Dujicoba 3 Hari

  • Oleh : Dirham

Selasa, 07/Sep/2021 09:26 WIB
Jalur sepeda Jakarta. Jalur sepeda Jakarta.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalur bersepeda ke tempat kerja atau bike to work di Jalan Sudirman-Jl. MH. Thamrin, Jakarta akan diujicoba mulai Selasa (7/9) hingga Kamis (9/9).

Selama penerapan PPKM level 3 di Jakarta, polisi melarang pesepeda untuk melintas di ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

"Untuk bike to work kan kita akan uji coba selama tiga hari ke depan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Senin (6/9) malam.

Disampaikan Sambodo, petugas di lapangan akan memantau apakah para pesepeda yang melintas benar-benar mereka yang akan pergi ke kantor atau tidak.

"Apakah bike to work ini betul-betul work, dengan atribut atau tanda pengenal, atau dia memanfaatkan ini memang untuk melakukan hal-hal selain bekerja," tuturnya.

Sambodo menuturkan pihaknya bakal melakukan evaluasi setelah tiga hari pelaksanaan ujicoba ini. Jika tak menimbulkan kerumunan, maka ada kemungkinan kebijakan ini akan dilanjutkan.

"Ujicoba paling tidak sampai tiga hari ke depan, kalau memang menimbulkan kerumunan bisa saja kebijakan itu kita hentikan," ucap Sambodo.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya masih melarang pesepeda untuk melintas di Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin meski status PPKM di Jakarta turun ke Level 3.

Larang bagi pesepeda untuk melintas di dua ruas jalan itu diterapkan guna mencegah terjadinya kerumunan massa.

"Untuk teman-teman yang memang hobi sepeda tetap tidak diperbolehkan melewati jalur tersebut selama PPKM level 3," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (25/8). (ds/sumber CNNIndonesia)