Dari Kecil sudah Jadi Pengemudi, Riyad Kini Mantap Sopiri Bus Putra Raflesia Bandung-Bengkulu

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 14/Sep/2021 13:43 WIB
Riyad 42 tahun, pengemudi bus Putra Raflesia jurusan Bandung-Bengkulu saat menaikkan penumpang di Terminal Bekasi, Selasa (14/9/2021). Riyad 42 tahun, pengemudi bus Putra Raflesia jurusan Bandung-Bengkulu saat menaikkan penumpang di Terminal Bekasi, Selasa (14/9/2021).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Menjadi pengemudi angkutan umum sudah dilakoni pria ini sedari usia sepantaran kelas lima sekolah dasar. Kini Riyad menjadi salah satu driver muda di PO Putra Raflesia jurusan Bandung-Jakarta-Bengkulu. 

"Awalnya (nyupir) dari SD kelas lima, Cold Diesel dulu tahun 2008," kata Riyad saat menaikkan penumpang busnya di Teminal Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/9/2021). 

Baca Juga:
Dua Koridor Baru Bus Trans Jatim Bakal Beroperasi Tahun ini, Catat Rute dan Waktunya

Laki-laki 24 tahun ini mengungkapkan, dirinya merupakan salah satu pengemudi termuda di PO antarkota antarpropinsi (AKAP) tersebut. 

Dia menceritakan sudah mengendarai bus ukuran besar sejak di tahun 2011, sebelum akhirnya bergabung di Putra Raflesia sejak tahun 2016. 

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

Pantauan BeritaTrans.com Riyad mengendarai bus dengan santainya. Dengan mengenakan seragam khas para driver lengkap dengan dasi dan kopiah, kini dia membawa sejumlah penumpang dari arah Bandung ke Bengkulu. 

Bus yang dikendarai Riyad mampu menempuh perjalanan selama sekitar 20-24 jam tergantung keadaan tidaknya jalan. 

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Saat ditemui dia menceritakan sudah berangkat dari Terminal yang ada di Bandung pada pukul 8.00 dan tiba akan tiba di Bengkulu pada pagi besok hari. 

Mengenakan seragam pengemudi diceritakan dia baru berjalan selama satu bulan. Saat ini seragam memang menjadi suatu keharusan untuk memberikan kesan wibawa para pengemudi. Hal itu sesuai imbauan Kementerian Perhubungan. 

"Pakai seragam ini baru satu bulan," ujar Riyad. 

Kondisi penumpang saat ini diungkapkan, Warga Bengkulu ini sudah mulai lumayan ramai kembali. "Alhamdulillah penumpang ada," katanya. 

Pantauan BeritaTrans.com bus yang dia kendarai terdapat beberapa penumpang dari Bandung dan beberapa penumpang naim dari Terminal Bekasi. 

Saat di perjalanan, saat ini diungkapkan Riyad masih ada sejumlah pemeriksaan. Antara lain pemeriksaan surat bebas Covid-19 dan sertifikat vaksin. 

Bus Putra Raflesia yang dikendari Riyad yaitu bersasis Mercedes Benz OH 1526 NG. Dengan beberapa orang kru bus tersebut diawaki oleh tiga orang yang termasuk dua pengemudi dan satu orang kenek.(fahmi)