Honda Pastikan Rilis Produk Baru, Calon `Perusak` Avanza?

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 14/Sep/2021 23:30 WIB
Honda N7X. Foto: cnbcindonesia.com. Honda N7X. Foto: cnbcindonesia.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk diskon 100% bagi mobil baru sudah berakhir pada 31 Agustus 2021 lalu. Mulai bulan ini, harga mobil baru naik signifikan karena hanya mendapat relaksasi sebesar 25%. Relaksasi ini bakal berlangsung selama 4 bulan ke depan atau hingga Desember 2022.

Perubahan kebijakan ini diprediksi bakal membuat minat masyarakat untuk membeli kendaraan baru menjadi turun. Sehingga agen pemegang merek mulai memutar otak mencari cara agar penjualannya tidak turun. Salah satunya dengan merilis produk baru, antara lain akan dilakukan oleh Honda.

Baca Juga:
Toyota Bermitra dengan Douze Luncurkan Sepeda Kargo Listrik

"Saat ini kami terus memonitor trend booking ini sambil mempersiapkan berbagai program penjualan yang dapat meringankan konsumen dalam melakukan pembelian," kata Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy kepada CNBC Indonesia, Selasa (14/9/2021).

Selama setengah bulan berjalan pada September ini, Ia mengaku sejauh ini pemesanan kendaraan masih stabil, hanya berkurang sekitar 5% bila dibandingkan periode yang sama bulan lalu.

Baca Juga:
Road To Jamboree Nasional TACI Ketiga akan Berlangsung di Kota Malang

"Selain itu, kami juga terus mempelajari potensi melakukan penyegaran produk untuk terus menyegarkan pasar," ungkapnya.

Sementara bagi produk yang tetap mendapat relaksasi PPnBM maka tetap menjadi prioritas Honda, yakni untuk tetap dikirimkan kepada konsumen yang telah memesan. Di sisi lain, gangguan pasokan komponen impor juga menjadi salah satu penyebab produksi agak tersendat.

Baca Juga:
Innova Hybrid Meluncur Bulan Ini, Toyota Hadirkan 2 Pilihan Mesin Bensin

"Penjualan di bulan Agustus dipengaruhi beberapa faktor, terutama gangguan pasokan komponen secara global yang juga berdampak terhadap produksi di Indonesia. Saat ini kami terus berupaya memaksimalkan produksi dengan komponen yang tersedia untuk memenuhi permintaan dari konsumen dalam waktu secepatnya," sebutnya.

Honda juga akan memperkenalkan mobil terbarunya, yakni Honda N7X, yang juga berpotensi menjadi pesaing baru bagi Toyota Avanza atau bahkan Toyota Kijang Innova. N7X Concept ini diperkenalkan di Main Atrium, Trans Studio Mall Bandung pada 10 - 13 Juni 2021 lalu.

Rencananya mobil ini akan dirilis untuk pasar Indonesia pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). (dn/sumber: cnbcindonesia.com)