PPKM Diperpanjang Wajib Vaksin, Antrean Penumpang KRL Stasiun Bakasi Mengular

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 21/Sep/2021 07:31 WIB
Antrean penumpang KRL di Stasiun Bekasi, Selasa (21/9/2021) pagi. Antrean penumpang KRL di Stasiun Bekasi, Selasa (21/9/2021) pagi.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Diberlakukannya sertifikat vaksin untuk naik KRL, jumlah penumpang KRL di Stasiun Bekasi mulai ramai kembali, Selasa (21/9/2021). 

Pada jalur penyekatan terjadi antrean hingga panjang yang dimulai pada saat pemeriksaan atau scan kode QR PeduliLibdungi, hingga di depan pintu tap tiket. 

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Hari Ini Sabtu 27 April, Weekend Berlaku Tarif Promo Terjauh!

Barisan calon penumpang KRL terlihat ramai, antrean terjadi di utara stasiun maupun di sebelah selatan stasiun. 

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

"Iya mulai ramai ini, biasanya enggak sampai panjang antreannya," kata petugas penyekatan di utara stasiun tersebut. 

Pada masa perpanjangan PPKM Jawa Bali yang diperpanjang dari 21 September sampai 4 Oktober 2021. Pemerintah melakukan beberapa penyesuaian, salah satunya sertifikat vaksin menjadi syarat naik moda transportasi umum termasuk KRL. 

Baca Juga:
KA Lodaya Pakai Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

Petugas di stasiun itu menyebutkan bahwa antrean hari ini hampir sama pada hari awal pekan di hari Senin. Penumpang dilakukan penyekatan untuk membatasi jumlah pengguna di dalam rangkaian KRL. 

Ramainya pengguna KRL saat ini, dikatakan petugas, mulai terjadi karena adanya perubahan syarat naik KRL. Yang awalnya menggunakan STRP kini menjadi harus menunjukan sertifikat vaksin minimal dosis ke satu. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id penumpang yang masuk stasiun tampak dilakukan pemeriksaan bukti vaksinasi dengan cara scan kode QR menggunakan Aplikasi PeduliLindungi di smartphone atau dengan menunjukan sertifikat vaksin dalam bentuk foto atau cetak dengan mencocokkannya beserta kartu identitas. 

Antrean terjadi hingga mengular beberapa kali. Petugas melakukan beberapa kali tahap penyekatan, mulai dari pemeriksaan hingga ke depan pintu tap tiket masuk ke peron. 

Petugas di depan jalur penyekatan, menyiapkan selebaran poster kode QR di papan atau tiang untuk penumpang melakukan pemindaian kode batang di poster tersebut. Setelah melakukan scan, petugas juga kembali melihat dan memeriksa bukti vaksin yang keluar pada aplikasi tersebut. 

Penumpang yang memasuki area Stasiun Bekasi pada pagi ini terlihat ramai. Baik sebelum dilakukan penyekatan, hingga saat antrean penumpang tampak antre panjang beberapa kali.(fahmi)