Dinilai Menentukan Masa Depan Bangsa, Pemda Kota Cirebon Berkomitmen Majukan PAUD

  • Oleh : Taryani

Kamis, 23/Sep/2021 17:15 WIB
Wali Kota Cirebon mengukuhkan Bunda PAUD. (Ist.) Wali Kota Cirebon mengukuhkan Bunda PAUD. (Ist.)

KOTA CIREBON (BeritaTrans.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon berkomitmen memajukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) karena dinilai menentukan masa depan bangsa.

Hal itu disampaikan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., usai mengukuhkan Pokja Bunda PAUD 2021, mulai tingkat Kota Cirebon, kecamatan hingga kelurahan.

“Pengukuhan ini menunjukkan Bunda PAUD di Kota Cirebon siap  mengawal pendidikan anak usia dini di Kota Cirebon,” ungkap Azis, Rabu (22/9/2021).

Keberadaan Bunda PAUD ini diharapkan dapat memotivasi tenaga pendidik di tingkat PAUD yang ada di Kota Cirebon. Sehingga tenaga pendidik di tingkat PAUD mampu mendidik anak-anak usia dini menjadi generasi yang berakhlak, berbudi pekerti luhur serta cerdas.

Dijelaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon memiliki komitmen berperan lebih banyak dalam pendidikan anak usia dini. Hal ini dikarenakan pendidikan usia dini menentukan arah bangsa.

Anak-anak yang berbudi luhur, berakhlak baik dan memiliki kecerdasan, sambung Azis, akan mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan berjaya.

Wali Kota meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) ikut andil membiayai kegiatan-kegiatan PAUD.

“Sebagai Ketua TAPD, Pak Sekda bisa melakukan sesuatu yang tidak melanggar aturan,” kata Azis.

Sehingga ke depannya PAUD di Kota Cirebon dapat berkembang lebih baik lagi.

Ia juga berharap agar Bunda PAUD yang hari ini baru dikukuhkan dapat berupaya sekuat tenaga mempersiapkan anak-anak usia dini menggapai masa depan yang gemilang.

Bunda PAUD diharapkan dapat bekerja sama dengan banyak pihak sehingga pendidikan PAUD berkualitas dapat berjalan dengan baik di Kota Cirebon.

Bunda PAUD Kota Cirebon, NR Madyawati, S.H., menjelaskan,  pemerintah terus mendorong partisipasi masyarakat menciptakan PAUD berkualitas. Salah satunya dengan adanya bunda PAUD.

Bunda PAUD, lanjut Madyawati, berlandaskan sukarela. Namun memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

Keberadaan Bunda PAUD dapat memaksimalkan perkembangan dan tumbuh kembang anak.

Ditambahkan, keberhasilan pendidikan anak di usia dini akan menentukan keberhasilan jenjang pendidikan lainnya. Usia dini merupakan usia emas.

Jika anak pendidikan usia dini berhasil maka tumbuh kembang anak akan maksimal dan dapat menjadi modal sumber daya manusia berkualitas dalam pembangunan.

Pokja Bunda Paud Kota Cirebon terdiri dari 40 orang berasal dari 22 kelurahan dan 5 kecamatan di Kota Cirebon.

Bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri Kepala Pemerintah dan Kepala Daerah baik presiden, gubernur, bupati atau walikota, camat, desa atau pun lurah.

Predikat Bunda PAUD juga dapat disandang oleh Kepala Pemerintahan dan Kepala Daerah Perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0 hingga 6 tahun) di wilayahnya untuk mendukung terwujudnya layanan PAUD Berkualitas.

Gerakan Nasional PAUD berkualitas telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 9 Maret 2015.

Dukungan, partisipasi dan peran pemerintah dan masyarakat sangat diharapkan untuk terwujudnya PAUD berkualitas di Indonesia. (Taryani)