Wakil Wali Kota Cirebon Ingin Pertunjukkan Seni di Goa Sunyaragi Cirebon Setiap Minggu

  • Oleh : Taryani

Selasa, 19/Okt/2021 20:02 WIB
Pementasan seni Goa Sunyaragi Cirebon. (Ist.) Pementasan seni Goa Sunyaragi Cirebon. (Ist.)

KOTA CIREBON (BeritaTrans.com) – Dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diharapkan dapat menggeliatkan kembali kegiatan seni dan kebudayaan di Kota Cirebon.

Kegiatan seni dan budaya dapat menumbuhkan toleransi memperkaya wawasan serta menggeliatkan pariwisata di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati usai menghadiri kegiatan budaya dalam rangka meningkatkan ketahanan budaya nasional di Goa Sunyaragi.

Wakil Wali Kota Cirebon menyambut baik kegiatan yang digelar saat ini. Apalagi kegiatan budaya ini mendapatkan dukungan penuh dari Kemendikbud. Dengan dukungan ini kita berharap kegiatan seni dan budaya di daerah dapat menggeliat kembali.

Dijelaskan, masyarakat Kota Cirebon tidak dapat dilepas dari kegiatan seni dan budaya. Apalagi kegiatan seni dan budaya menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Cirebon.

Namun pandemi Covid-19 telah memporak-porandakan berbagai sendi kehidupan. Ttermasuk seni dan budaya.

Dengan adanya dukungan langsung dari pemerintah pusat, Ia berharap dapat memulihkan kembali kegiatan seni dan budaya di Kota Cirebon. Terlebih saat ini Kota Cirebon sudah berada di level 2.   

Sehingga sejumlah kegiatan termasuk kegiatan seni dan budaya bisa digelar sekalipun terbatas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Seiring dengan penyebaran Covid-19 yang bisa dikendalikan, Wakil Wali Kota Cirebon berharap kegiatan seni dan budaya di Goa Sunyaragi bisa terus dilakukan.

Inginnya pertunjukkan seni di Goa Sunyaragi ini setiap minggu. Karena dengan seni dan budaya dapat memperkaya wawasan masyarakat tentang keragaman budaya serta memperluas toleransi. Serta dapat membangkitkan pariwisata di Kota Cirebon.

Rina Febriyani, perwakilan Ditjen Kebudayaan menjelaskan,  pemerintah melalui Kemendikbud memfasilitasi komunitas, yayasan, sekolah maupun individu yang memiliki kegiatan untuk kemajuan kebudayaan.

“Melalui dana Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK), Kemendikbud membantu kegiatan yang memajukan kebudayaan,” tutur Rina.

Semua aspek yang mendukung tercapainya visi dan misi kebudayaan difasilitasi melalui dana FBK ini.

Dana FBK ini juga dapat diakses oleh siapa pun di Indonesia. Semua orang dari Sabang sampai Merauke dapat mengakses dana ini. Dapat dilihat di website kami.

Ada pun syarat menerima dana FBK yaitu komunitas yang sudah berbadan hukum serta melibatkan sebuah komite yang akan menelusuri apakah sanggar seninya itu benar-benar ada dan mendukung visi kebudayaan.

“Kita juga mengutamakan daerah di 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal), komunitas yang melibatkan perempuan dan difabel,” tutu Rina. (tr)