Ditjen Hubdat Gelar Puncak Pekan Keselamatan Jalan 2021 di Manado

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 23/Okt/2021 19:49 WIB
Pekan Keselamatan Jalan di Manado Pekan Keselamatan Jalan di Manado


MANADO (BeritaTrans.com) - Sebagai tindak lanjut dari UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ dan PP 37 Tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas serta meningkatkan peran serta seluruh pengguna jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara menggelar Puncak Acara dan Penutupan Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) Tahun 2021 di Manado, Sabtu (23/10/2021).

"Acara ini digelar agar dapat tercipta komunikasi antarseluruh stakeholder baik pemerintah maupun influencer untuk menyatukan persepsi dan pemahaman arti pentingnya Keselamatan Jalan," urai Direktur Sarana Transportasi Jalan, Risal Wasal di Ballroom Hotel Four Points Manado. 

Baca Juga:
Kehadiran Kembali Direktorat Keselamatan Transportasi Jalan Dirindukan

Dia mengajak semua pihak dapat saling bersinergi untuk menyebarkan virus-virus keselamatan untuk membangun lalu lintas yang tertib, aman, dan berkeselamatan. 

Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara, Renhard Ronald mengatakan, mengapresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama membantu dalam mengedukasi dan menyosialisasikan untuk menyuarakan aksi keselamatan jalan khususnya yang ada di Provinsi Sulut.

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Siapkan Kompetensi Pengemudi Sesuai Jenis Kendaraan

Berdasarkan laporan kegiatan Ketua Panitia PKJ Tahun 2021 di Provinsi Sulut Andy Parulian melaporkan bahwa rangkaian kegiatan PKJ ini telah dimulai sejak September 2021 yang bertepatan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2021.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di antaranya yakni:

Baca Juga:
Tingkatkan Keselamatan Jalan, Ditjen Hubdat Bidik Perubahan dari Hulu Hingga Hilir

1. Lomba Mural yang bertemakan "Stop ODOL Untuk Keselamatan Trans Jalan pada 9 - 15 September 2021 di UPPKB Wangurer;

2. Lomba Video Durasi Pendek yang bertemakan "Mari Jo Torang Jadi Pelopor Keselamatan Jalan" pada 11 - 20 September 2021;

3. Semiloka Penguji Kendaraan Bermotor se-Provinsi Sulawesi Utara pada 18 - 19 September 2021 di Hotel Villa Emitta, Tomohon;

4. Sosialisasi ODOL bagi pengemudi Truk pada 21 - 23 September 2021 di UPPKB Wangurer dan UPPKB  Inobonto;

5. Webinar Keselamatan Jalan bagi Pelajar dan Mahasiswa dengan tema "Teman Sejati" pada 9 Oktober 2021 di Terminal Tipe A Tangkoko dan;

6. Semiloka Perizinan Angkutan Umum dan Sistem Manajemen Keselamatan bagi operator angkutan umum pada 22 Oktober 2022 di Hotel Four Points Manado.

Andy menambahkan, dengan terselenggaranya berbagai rangkaian kegiatan tersebut, maka tibalah pada acara puncak. 

"Di mana seluruh pengguna jalan dari berbagai lapisan masyarakat berkumpul untuk berbincang santai atau kalau orang Manado bilang Bacarita," ungkapnya.

Selain itu juga dengan menumbuhkan dan membangun kesadaran pengguna jalan di Provinsi Sulut melalui acara ini, diharapkan nantinya dapat tercipta suatu kondisi Tetap Aman, Selamat di Jalan dan Hati-hati (TEMAN SEJATI).

Turut hadir Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulut, Kompol Roy Tambayong, para Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara, dan para tamu undangan pemenang lomba Pekan Keselamatan Jalan Tahun 2021 di Provinsi Sulut. (omy)