Urai Kemacetan, Underpass Bulak Kapal Digenjot Selesai Akhir 2021

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 29/Okt/2021 10:02 WIB
Underpass Bulak Kapal Bekasi diperkirakan selesai akhir tahun 2021(Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR) Underpass Bulak Kapal Bekasi diperkirakan selesai akhir tahun 2021(Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR)

JAKARTA (Beritatrans.com) - Pembangunan Underpass Bulak Kapal di Bekasi diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2021.

Sebab berdasarkan data sampai minggu ketiga Oktober, progres konstruksi fisik telah mencapai 90,438 persen

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Progres ini melebihi rencana pekerjaan yang ditetapkan yaitu 82,865 persen dengan kontrak rampung pada pertengahan Maret 2022.

Underpass Bulak Kapal akan memiliki panjang 690 meter, namun panjang efektif beserta frontage nya menjadi 930 meter.

Baca Juga:
Menhub Resmikan Pengoperasian Biskita Trans Bekasi Patriot

Dengan adanya underpass ini, diharapkan dapat memperlancar arus kendaraan di ruas jalan nasional Ir. H Juanda yang terhubung dengan jalan kota Ir. Joyo Martono dan Jalan Pahlawan.

Pejabat Pembuat Komitmen 1.5 Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker Pelaksanaan Jalan Nasional) I Andy Suryanto mengatakan, masa konstruksi dimulai 20 September 2020.

Baca Juga:
Uji Coba BISKITA Trans Bekasi Patriot, Kadishub: Terintegrasi ke Stasiun LRT

Dengan masa pelaksanaan 540 hari kalender, dan jadwal PHO (Provisional Hand Over) pada 17 Maret 2022. Dibangun dengan anggaran senilai Rp 87,3 miliar.

"Saat ini tim lapangan beserta kontraktor berusaha percepat pekerjaan dilapangan dengan ditagetkan selesai pada 31 Desember 2021, lebih cepat dari awal," kata Andy dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kamis (28/10/2021).

Andy menjelaskan, underpass ini akan mengatasi dua masalah di persimpangan Bulak Kapal yang terjadi selama ini.

Pertama untuk jalur menerus di jalan Ir. H. Juanda memiliki hambatan sebidang. Kedua, di jalan kota Pahlawan ada perlintasan kereta api.   (ny/Sumber:Kompas com)