Kabar Baik, Citilink Mau Terbang Lagi di Bandara JB Soedirman Purbalingga Jateng, Kapan Ya?

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 29/Okt/2021 10:51 WIB
Maskapai Citilink. Maskapai Citilink.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah akan kembali mengudara setelah berhenti sementara.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menegaskan hal itu, setelah bertemu dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Kamis (28/10/2021).

Juliandra mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen melayani rute penerbangan di bandara yang baru beroperasi sejak 1 Juni 2021 lalu. Pada tahapan awal, animo masyarakat menggunakan bandara ini cukup baik, meski pada bulan Juli mulai mengalami penurunan.

Hal itu disebabkan ada pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat dan harga tes PCR yang relatif tinggi, sehingga memengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan transportasi pesawat udara.

Namun berkat kebijakan harga PCR baru yang lebih murah, lanjut Juliandra, diharapkan bisa menjadi pemicu minat masyarakat untuk kembali tertarik menggunakan transportasi udara.

Oleh karena itu, pihak Citilink berencana akan kembali mengoperasikan Citilink, dan membuka jadwal penerbangan yang sama dua kali dalam sepekan di bandara ini.

"Saya memberikan komitmen langsung kepada Bupati, kita per 25 November dan seterusnya akan terbang kembali dengan jadwal yang sama dua kali dalam seminggu. Kamis dan Sabtu," jelasnya, seperti dikutip dari website resmi Bupati Tiwi, Jumat (29/10/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Tiwi membenarkan ada sejumlah kendala yang dialami dalam operasional Bandara JBS. Namun hal itu bukan karena hal teknis yang menjadi gangguan, tapi lebih karena kondisi secara umum yang dialami, yakni pandemi Covid-19.

"Memang ada beberapa kendala, kami bahas alternatif solusi agar nantinya operasional Citilink bisa berjalan baik dan lancar," kata Tiwi.

Satu di antara solusi yang diwacanakan, yakni memberikan subsidi untuk biaya tes usap PCR. Selain itu, direncanakan juga akan melakukan booking sejumlah kuota penerbangan dengan Citilink.

Pihaknya juga bersyukur, kebijakan Presiden Joko Widodo yang menurunkan tarif tes usap PCR menjadi Rp 275 ribu. (ds/sumber CNBC News Indinesia)