Bus Sempati Star Terbakar di Paya Tumpi Aceh Tengah, Penumpang Panik & Berhamburan

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 16/Nov/2021 06:47 WIB
Bus Sempati Star yang terbakar dilakukan pemadaman oleh petugas pemadam kebakaran. Bus Sempati Star yang terbakar dilakukan pemadaman oleh petugas pemadam kebakaran.

TAKENGON (BeritaTrans.com) - Bus Sempati Star trayek Takengon-Medan, nopol BL 7778 A terbakar di ruas Jalan Nasional Bireuen-Takengon, tepatnya di kawasan tikungan awas, Kampung Paya Tumpi, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (15/11/2021) pagi sekira pukul 10.30 WIB. 

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu, namun sejumlah penumpang sempat panik dan berhamburan ke luar bus untuk menyelamatkan diri. 

Baca Juga:
Gegara Pecah Ban, Truk Rebahan di KM 44 Tol Jagorawi Arah Bogor

Di samping itu, bagian belakang bus juga rusak lantaran sempat dilahap ‘si jago merah’. 

Insiden itu terjadi sesaat setelah ban bagian belakang bus pecah dan tiba tiba muncul percikan api sehingga membakar bagian belakang bus. 

Baca Juga:
Sudah Naik! Ini Tarif Baru Bus Sempati Star Medan-Jakarta, Medan-Banda Aceh

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Nurochman Nulhakim, melalui Kasat Lantas, Iptu Suhadi menyebutkan, bus yang dikemudikan oleh Anwar itu ketika kejadian membawa 12 orang penumpang serta 3 orang kru. 

“Seluruh penumpang maupun kru bus selamat. Korban jiwa nihil dalam insiden itu,” kata Kasat Lantas. 

Baca Juga:
Sopiri Bus Sempati Star Bakasi-Medan, Adi Tetap Perlente Selama 3 Hari di Jalan, Begini Aksinya!

Menurut Suhadi, kronologis kejadian terbakarnya bus Sempati Star, berawal ketika supir bus Anwar merasakan rem bagian belakang sebelah kanan macet. 

Tak lama kemudian, tepatnya ketika berada di tikungan awas Paya Tumpi, tiba-tiba ban meledak. 

“Saat itu, sopir bus Anwar turun untuk melihat kondisi ban yang pecah. Tapi terlihat ada percikan api di dekat ban yang pecah,” terangnya. 

“Anwar berupaya melepas jaringan kabel serta mencabut baterai agar api tidak menjalar. Tapi justru api sudah sempat melahap sebagian badan mobil bagian belakang,” lanjut Kasat Lantas. 

Melihat kejadian itu, sejumlah penumpang sempat panik serta berhamburan ke luar dari bus untuk menyelamatkan diri. 

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden itu, tetapi beberapa barang bawaan penumpang, sebagiannya sempat dijilat api. 

Untuk memadamkan api yang membakar bus, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi. 

Beberapa menit setelah mobil damkar tiba di lokasi, akhirnya api berhasil dipadamkan.(fhm/sumber:serambinews)