Temas Lepas Delapan Aset Kapal Senilai Rp686 Miliar kepada Anak Usaha

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 17/Nov/2021 07:00 WIB
foto:istimewa/ilustrasi foto:istimewa/ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Temas Tbk (TMAS), emiten bergerak di kegiatan usaha di bidang pelayaran mengalihkan delapan unit kapal kepada anak usaha PT Temas Shipping pada 12 November 2021.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/11/2021), PT Temas Tbk mengalihkan aset dengan menjual atas delapan unit kapal kepada anak usaha. Delapan unit kapal yang dilepas itu antara lain KM Ayer Mas, KM Kawa Mas, KM Kedung Mas, KM Muara Mas.

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Pemulangan Jenazah ABK WNI Kapal MV Hompu 1 Peru

Selain itu, KM Curug Mas, KM Kisik Mas, KM Palung Mas, dan KM Teluk Mas. Nilai transaksi penjualan kapal Rp 85,80 miliar per unit. Total penjualan kapal itu Rp 686,40 miliar kepada PT Temas Shipping. Adapun perseroan memiliki saham PT Temas Shipping sebanyak 99,85 persen.

PT Temas Tbk menyatakan, transaksi penjualan aset kepada Temas Shipping ini untuk restrukturisasi bisnis perseroan dalam bidang pelayaran dengan segmentasi volume/muatan dan wilayah jasa operasional pelayaran, perseroan menjual kapal sesuai dengan kebutuhan operasional anak usaha untuk melayani pelabuhan kecil dan menengah di Indonesia.

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

"PT Temas Shipping juga memerlukan tambahan armada untuk mencukupi kebutuhan operasionalnya khususnya pada rute-rute dan pelabuhan kecil dan menengah, maka perseroan mengalihkannya kepada PT Temas Shipping,” tulis perseroan.

PT Temas Tbkmenyatakan pengalihan unit kapal tersebut tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, laporan keuangan, termasuk juga tidak berdampak hukum.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang

Pada penutupan perdagangan Selasa, 16 November 2021, saham TMAS naik 2,48 persen ke posisi Rp 620 per saham. Saham TMAS dibuka naik 10 poin ke posisi Rp 615 per saham.

Saham TMAS berada di level tertinggi Rp 705 dan terendah Rp 595 per saham. Total frekuensi perdagangan 8.095 kali dengan volume perdagangan 461.873. Nilai transaksi Rp 30,3 miliar.(amt/sumber:liputan6.com)

Tags :