WSBK Mandalika Digelar Besok, Kabarhakam Ingatkan Pengamanan Sopan-Humanis

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 18/Nov/2021 16:41 WIB
Anjing-anjing K9 ikut dikerahkan untuk sterilisasi area Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (Dok. Polda NTB)  Anjing-anjing K9 ikut dikerahkan untuk sterilisasi area Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (Dok. Polda NTB)

Jakarta (Beritatrans.xom) - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto berpesan kepada seluruh anggota pengamanan World Superbike (WSBK) Championship menjalankan tugas dengan sopan dan humanis.WSBK di Mandalika, NTB, akan digelar besok.

"Saya berharap seluruh rencana operasional yang ada, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Waspada dan konsistensi dalam penerapan SOP (standard operating procedure). Namun ingat, tetap sopan dan humanis," kata Komjen Arief seperti dilansir Antara, Kamis (18/11/2021).

Hal itu disampaikan saat memberi arahan dalam apel gelar pasukan dan sarana pengamanan WSBK 2021 di Lapangan Masjid Nurul Bilad, Lombok Tengah, NTB, hari ini.

Baca Juga:
Selain WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika Gelar ARRC Tahun Ini

Dia juga berpesan agar para penanggung jawab setiap area pengamanan mengecek secara rutin tugas personel di lapangan ataupun kesiapan dari sarana penunjang. Tak lupa soal koordinasi dan kerja sama lintas sektoral, Arief mengingatkan agar tetap terjaga dengan baik.

"Ini awal bagi kita, pengalaman baru bagi Indonesia, NTB khususnya, jadi mari laksanakan tanggung jawab ini dengan sungguh-sungguh. Memang berat, tetapi apabila dilaksanakan dengan benar, hasilnya akan jadi baik," ujarnya.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto (Dok. Istimewa)
Arief mengapresiasi seluruh pihak yang ikut terlibat dalam pengamanan balap kelas dunia di Sirkuit Mandalika.

"Selamat bertugas dan mudah-mudahan kita semua selalu diberikan bimbingan dan perlindungan dalam menjalankan tugas, dan ingat jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan COVID-19," ujar dia lagi.

Dalam apel gelar pasukan tersebut hadir petugas pengamanan Polri bersama TNI, Jasa Raharja, Basarnas, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, dan Pemadam Kebakaran.

Perwakilan petugas yang berada di wilayah pengamanan Sirkuit Mandalika hadir dengan sejumlah sarana penunjang pengamanan. Untuk pengamanan WSBK, ikut dikerahkan kendaraan taktis berupa alutsista TNI, Panser Anoa.

Gubernur NTB Nyatakan WSBK Siap Digelar Besok
Sebelumnya, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menegaskan WSBK Championship siap digelar pada 19-21 November. Dia mengatakan penyelenggara memastikan faktor keamanan event dan teknis balapan.

"Insyaallah semua pihak sudah siap menggelar WSB di Sirkuit Mandalika," kata Zulkieflimansyah seperti dikutip dari situs resmi Pemprov NTB, Kamis (18/11/2021).

Dia mengatakan faktor keamanan terkait event dan teknis balapan telah melalui koordinasi matang agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Zulkieflimansyah mengatakan Pemprov bersama TNI/Polri dan stakeholder lain menyiapkan keamanan di luar balapan seperti penonton dan suasana kondusif daerah, terutama lingkar sirkuit.

Sedangkan keamanan balapan dikoordinasi langsung oleh Dorna dan Mandalika GrandPrix Association bersama keamanan rider dan teknis balapan lainnya di dalam sirkuit.   (ny/Sumber: detik.com)

Baca Juga:
Digantikan! Dorna Sports Lebih Pilih Sirkuit Sepang daripada Sirkuit Mandalika