Menhub Ajak Insan Muda Transportasi Jadi Pelopor Gerakan Sadar Keselamatan Berlalulintas

  • Oleh : Naomy

Rabu, 01/Des/2021 18:33 WIB
“Indonesia Youth Road Safety Warriors/Pejuang Muda Keselamatan Jalan Indonesia Tahun 2021” “Indonesia Youth Road Safety Warriors/Pejuang Muda Keselamatan Jalan Indonesia Tahun 2021”


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak para insan muda transportasi dari generasi millenial, dapat menjadi pelopor gerakan sadar keselamatan berlalulintas.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri penutupan rangkaian kegiatan “Indonesia Youth Road Safety Warriors/Pejuang Muda Keselamatan Jalan Indonesia Tahun 2021”, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

"Para generasi muda ini diharapkan dapat memengaruhi masyarakat dan para generasi muda lainnya, untuk menjadi pribadi yang taat aturan berlalu lintas dan sadar akan keselamatan," urainya. 

Dia minta, berilah contoh yang baik melalui berbagai cara yang kreatif, seperti kampanye keselamatan melalui konten media sosial dan media lainnya.

Baca Juga:
Posko Terpadu Angkutan Lebaran Resmi Ditutup, Ada 242 Juta Pergerakan

Program ini memberikan pendidikan dan pelatihan (setara dua semester) dengan materi terkait keselamatan jalan, kepada para mahasiswa/i dari tiga kampus yaitu: PTDI, PKTJ dan ITL Trisakti. Diklat ini turut mendukung program “Kampus Merdeka” dari Kemendikbud yang bertujuan untuk menciptakan SDM yang berkualitas sebagai investasi pembangunan yang berkelanjutan.

Selain mengkampanyekan keselamatan jalan, para insan muda transportasi ini diharapkan pula dapat berkontribusi secara maksimal untuk menjadi inspirasi, membawa inovasi, dan mendorong transformasi di bidang transportasi.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Para mahasiswa/i tersebut selanjutnya akan berperan sebagai duta untuk melakukan kampanye berkendara yang sopan dan berkeselamatan kepada keluarga dan lingkungannya. 

"Selanjutnya, program ini akan dikembangkan tidak hanya di tiga perguruan tinggi tersebut, tetapi juga di perguruan tinggi lainnya," kata Menhub.

Pada acara penutupan kegiatan ini, Menhub juga meresmikan pembentukan komunitas melalui Ikatan Pejuang Muda Keselamatan Jalan Indonesia (IPKMJI), dan telah terpilih sebagai Presiden IPMKJI yaitu Ananda Zainatul Hafidzah, yang merupakan mahasiswi dari Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD).

Tingginya angka kecelakaan di Indonesia merupakan masalah serius yang menjadi perhatian besar dari pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan terkait. 

Untuk itu, perlu suatu upaya untuk menanamkan pemahaman tentang berlalu lintas yang benar, serta menumbuhkan budaya bertransportasi yang berkeselamatan kepada generasi muda.

Dalam upaya mendukung keselamatan jalan, ada empat sikap yang wajib dipedomani  sebagai pengguna jalan yang baik, yaitu; Alertness (kewaspadaan), Awareness (kesadaran), Attitude (perilaku), serta Anticipation (antisipasi).

Indonesia Youth Road Safety Warriors merupakan sebuah program untuk mendidik para mahasiswa/i dari generasi muda milenial, yang diinisiasi oleh Indonesia Road Safety Partnership (IRSP), sebuah  organisasi nirlaba nasional yang fokus pada upaya mengatasi permasalahan keselamatan jalan.

Turut hadir dalam webinar Presiden IRSP Dr. Elly Adriani Sinaga Executive Director YOURS Mr. Floor Lieshout; Director General of MIROS Khairil Anwar; Ketua KNKT Soerjanto Tjahyono; Plt. Kepala BPSDM Perhubungan Antony Arif Priyadi; Rektor ITL Trisakti Dr. Tjuk Sukardiman; Manager Safety Riding AHM Johanes Lucky. (omy)