Jalur Layang Stasiun Manggarai Jakarta Merupakan Capaian Kemenhub 2021

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 22/Des/2021 18:05 WIB
Jalur KRL line Bogor di Stasiun Manggarai mulai dioperasionalkan pada Sabtu (25/9/2021). Jalur KRL line Bogor di Stasiun Manggarai mulai dioperasionalkan pada Sabtu (25/9/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengoperasian bangunan baru Stasiun Manggarai di tahun 2021 menjadi salah satu capaian signifikan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kementerian Pehubungan (Kemenhub). 

"Capaian kita di 2021 yaitu jalur layang Manggarai," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kinerja Sektor Perhubungan 2021 dan Outlook 2022 pada Selasa (21/12/2021). 

Baca Juga:
Penumpang KRL Jabodetabek Senin Pagi Capai 385.226 Orang

Pengembangan stasiun yang terletak di Kota Administrasi Jakarta Selatan ini, merupakan bagian dari program Pembangunan Fasilitas Perkeretaapian untuk Manggarai s/d Jatinegara (double-double track / DDT), yang bertujuan untuk memisahkan jalur KA komuter dengan KA antarkota. 

Selain revitalisasi Stasiun Manggarai, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri mengemukakan di akhir September 2021 juga telah dioperasikan elevated track Bogor Line guna peningkatan pelayanan bagi pengguna jasa KA komuter Jabodetabek. 

Baca Juga:
Kemenhub Apresiasi Hasil Survei Indikator terkait Penyelenggaraan Angleb 2024

"Pengoperasian jalur KA layang tersebut mengoptimalkan frekuensi perjalanan KRL agar semakin banyak penumpang yang dapat diangkut," ujar Zulfikri. 

Tak hanya di Jabodetabek, Ditjen Perkeretaapian juga melakukan pembangunan jalur dan peningkatan prasarana perkeretaapian di berbagai lokasi di Indonesia.(fhm)

Baca Juga:
Usai Libur Panjang, KAI Commuter Layani 500 Ribu Penumpang pada Awal Pekan Ini