MT Gamsunoro Kapal Tanker Pertamina Disewa Setahun Aramco

  • Oleh : Redaksi

Senin, 27/Des/2021 05:44 WIB


Baca Juga:
Dirjen Hubla Dorong e-Tiketing Diterapkan di Semua Layanan Kapal

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Maskapai pelayaran Pertamina International Shipping (PIS) menyewakan kapal tanker MT Gamsunoro kepada produsen energi terbesar di dunia saat ini yakni Aramco Trading Company (ATC) dengan kontrak selama satu tahun.

Kontrak sewa kapal selama satu tahun tersebut dilakukan melalui anak usaha Pertamina International Shipping di Singapura yakni Pertamina International Shipping Pte Ltd.

Pertamina mengatakan  Kapal MT Gamsunoro akan berlayar dengan rute charter Teluk Persia-Laut Merah (Persian Gulf-Red Sea)-Asia.

Baca Juga:
DLU Apresiasi Kelancaran dan Kesuksesan Angkutan Laut Lebaran

Sementara titik loading perdana dimulai dari Al Jubail Terminal pada 13-15 Desember 2021 dengan titik discharge di Ash Shuqaiq Terminal dengan durasi pengapalan sekitar 90 hari.

Adapun rute pelayaran ini melewati area Laut Merah yang merupakan rute baru bagi PIS. Kapal MT Gamsunoro dikelola oleh Pertamina International Shipping dan sepenuhnya diawaki oleh 100 persen kru dari Indonesia.

Baca Juga:
Posko Angkutan Laut Lebaran Ditutup, Dirjen Hubla: Penumpang Naik 13,96%

Sebelumnya kata Pertamina, kapal tersebut juga melayani Top Five Biggest Oil Trading Company yaitu Trafigura.

"Kolaborasi penyewaan kapal antara PIS melalui PIS Pte Ltd dengan Aramco Trading Company merupakan tonggak sejarah baru dan milestone penting di dalam upaya PIS dalam mengembangkan market internasional dan menjadi Asia Leading Shipping Company," tulis Pertamina dalam siaran persnya, Jumat (2412/2021).