Kapal Milik Pemprov Sulawesi Selatan Terbakar di Pantai Losari, Polisi Selidiki

  • Oleh : Dirham

Senin, 27/Des/2021 13:50 WIB
Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara 28. Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara 28.

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara 28 milik Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terbakar di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulsel, pada Senin (27/12) dinihari. Polisi menyelidiki penyebab kebakaran kapal itu.

Kapal diperkirakan terbakar sekitar pukul 04.30 WITA. Pemadam Kebakaran Kota Makassar yang mengetahui peristiwa itu langsung ke lokasi, memadamkan api. Peristiwa nahas ini menyebabkan, sebagian badan kapal hangus terbakar.

"Lima unit armada dan rescue diterjunkan ke lokasi. Dan, kami berhasil padamkan api sekitar pukul 05.30 WITA," kata Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Hasanuddin, Senin (27/12) siang.

Saat kebakaran berlangsung, lanjut Mancu sapaan Hasanuddin, salah seorang kru KM Banawa 28 ada di lokasi. Dia bahkan nyaris menjadi korban keganasan api. Beruntung, ia menyelamatkan diri dengan melompat ke laut.

"Ada satu kru di kapal itu. Tapi ia melompat ke laut jadi tidak ada korban jiwa," jelasnya.

Berdasarkan keterangan kru kapal , kebakaran ini diduga berasal dari genset kapal. Genset tersebut, tiba-tiba meledak dan mengeluarkan percikan api. Sehingga, kapal langsung terbakar.

"Sumber api itu hasil identifikasi adalah mesin genset yang meledak," jelasnya.

Terpisah, Kasubag Humas Polrestabes Makassar AKP Lando Ks mengatakan akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran yang menghanguskan, kapal yang tak lain merupakan aset Pemprov Sulsel ini.

"Kami akan selidiki. Tim Inafis sudah olah TKP," singkatnya. (ds/sumber Kumparancom)